Hore! Jalan Pulau Merah Sepanjang 1,7 Kilometer Selesai Dibangun

42
Sekda Mujiono dan Manajemen PT BSI saat meresmikan jalan baru Pulau Merah-Rowojambe

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi meresmikan selesainya pembangunan ruas jalan Pulau Merah-Rowojambe, Kamis, 21 April 2022.

Prosesi peresmian berlangsung di area wisata Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Jalan sepanjang 1,7 kilometer ini dibangun oleh pengelola tambang emas di Pesanggaran, PT Bumi Suksesindo (BSI).

Pembangunannya menggunakan teknologi perkerasan kaku (rigid pavement) dengan tebal beton 25 sentimeter dan lebar 6 meter.

Dalam peresmian ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Ir. H. Mujiono, M.Si., yang mewakili Pemkab Banyuwangi menyampaikan terima kasih kepada PT BSI yang dia sebut sebagai investor. Menurutnya, BSI telah berperan baik dalam kegiatan pembangunan di Banyuwangi khususnya di wilayah selatan.

“Kerja sama dengan investor akan bisa mewujudkan pembangunan di Banyuwangi semakin baik,” katanya.

Selanjutnya, Mujiono menyinggung soal ‘Banyuwangi Rebound’—program Pemkab Banyuwangi agar masyarakat bisa segera bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi. Banyuwangi Rebound terdiri dari tiga pilar, yaitu tangani Covid-19, pulihkan ekonomi, dan merajut harmoni.

Baca Juga  Pensiunan Militer di Jember Jadi Bandar Edarkan Sabu Seberat 1 Kg

Untuk mewujudkan ketiga pilar tersebut, harus ada kerja sama yang baik dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.

“Pulihkan ekonomi, salah satunya, dengan perbaikan infrastruktur,” kata Mujiono.

Loading...

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi, Direktur PT BSI Cahyono Seto menjelaskan bahwa pembangunan ruas jalan Pulau Merah-Rowojambe memang bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi dan wisata di wilayah Kecamatan Pesanggaran. Dia berharap wisata menjadi ramai dan masyarakat semakin nyaman dalam berlalu lintas.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam perbaikan jalan Pulau Merah-Rowojambe ini. Mari kita rawat dan jaga bersama,” katanya.

Pulau Merah merupakan destinasi wisata yang cukup populer, terletak di Banyuwangi bagian selatan. Selain itu, di jalur yang sama, masih ada Pantai Mustika dan pantai nelayan Pancer di sebelah barat. Ruas jalannya juga telah selesai dibangun. Untuk pembangunan ruas jalan Pancer-Pulau Merah sepanjang 3,85 kilometer tersebut telah selesai dikerjakan oleh PT BSI pada 2020 lalu.

Baca Juga  Khilafatul Muslimin di Surabaya Ditetapkan Tersangka

Proyek pembangunan ruas jalan Pulau Merah-Rowojambe ini merupakan proyek lanjutan ruas jalan Pancer-Pulau Merah dan salah satu komitmen perusahaan terhadap masyarakat sekitar tambang. PT BSI mengucurkan dana sebesar 8,7 miliar rupiah untuk proyek jalan Pulau Merah-Rowojambe ini.

Selain pembangunan jalan, PT Bumi Suksesindo juga sedang menyelesaikan proyek-proyek infrastruktur publik lainnya di sekitar perusahaan, seperti wisata Gumuk Kancil dan Pantai Mustika Pancer. Di Ringinagung, Pesanggaran juga sedang berlangsung pemadatan jalan dusun sepanjang 3,5 kilometer.

“Semoga proyek-proyek tersebut lancar dan bermanfaat untuk masyarakat,” tutur Seto. (*)

 

Loading...
Artikulli paraprakMenteri KKP Targetkan Peningkatan Produktifitas Ikan di Kampung Bandeng Gresik Naik 2 Kali Lipat
Artikulli tjetërRespon Tren Dunia, Kemendag Perbarui Kategorisasi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta

Tinggalkan Balasan