Helikopter Bom Air Mulai Padamkan Kebakaran Gunung Ijen

42
Istimewa

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Helikopter waterbombing atau bom air memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar Gunung Ijen, Gunung Ranti dan Cagar Alam Merapi Ungup-ungup mulai dilaksanakan Minggu (27/10/2019) pagi.

Helikopter tersebut mulai terbang sejak pukul 7.30 WIB dan langsung melakukan pengeboman dengan air.

“Etape pertama sudah selesai. Tadi pukul 07.30 WIB naik kemudian pukul 10.20 WIB sudah turun untuk istirahat. Istirahat kapalnya, istirahat orangnya,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram.

Pengambilan air dilakukan di sekitar perairan Watudodol. Perairan Watudodol dipilih dengan pertimbangan Watudodol merupakan titik paling dekat dari lokasi kebakaran dan Watudodol paling lokasinya paling Visibel untuk pengambilan air.

Loading...
Baca Juga  Kurir Catering Dibekuk Polisi Diparkiran Motor

“Etape pertama sudah selesai kita lakukan. Setiap etape ada 7 pengeboman. Dalam sehari kita lakukan dua etape saja. Itupun kalau kondisi cuaca memungkinkan,” jelas Eka Muharram ketika dihubungi wartawan.

Waterbombing yang dilakukan Minggu pagi enam waterbombing meliputi hutan di sekitar Gunung Ijen dan Gunung Ranti. Satu waterbombing dilakukan dibagian utara cagar alam Merapi Ungup-ungup. Pasca pelaksanaan waterbombing titik api sudah mulai berkurang.

Untuk etape kedua, lanjutnya, waterbombing dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Waterbombing ini menurut Eka Muharram merupakan bantuan BNPB melalui fasilitasi pemerintah provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan waterbombing dilakukan dengan mengacu masa tanggap darurat Karhutla.

“Rencana awal waterbombing kita lakukan sampai tanggal 5 November. Tapi kita lihat perkembangannya, kalau besok sudah habis apinya ya pulang,” jelas Eka Muharram. (*)

Baca Juga  Kenapa Tebu di Kebun PTPN XII Kalikempit Tidak Dimuat ?

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakOperasi Zebra Semeru 2019, Pria ini Malah Putar Balik, Ternyata?
Artikulli tjetërJadi Saksak Hidup, Nyawa Pelaku Diselamatkan Polsek Wonokromo

Tinggalkan Balasan