Acara Haul Gus Dur di Banyuwangi

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Sejumlah tokoh di Banyuwangi memperingati Haul KH. Abdurahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur yang ke 11. Disini, mereka membacakan sholawat badar yang diciptakan oleh KH. Ali Mansur.

Ketua Pengurus Sholawat Badar, Imam Khudori mengatakan, peringatan Haul Gus Dur ini diperingati secara sederhana karena pandemi. Yakni dengan menggelar tahlil dan membaca surat Yasin serta ditutup dengan pembacaan shalawat badar.

Yang menjadi istimewa, karena juga dihadiri oleh putra dari salah satu guru Gus Dur, KH Imam Muhtadi, dari Dusun Langring, Desa Jambesari, Kecamatan Giri. Serta putra pencipta shalawat badar, dari Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro.

“Haul Gus Dur ini dilaksanakan secara sederhana dengan membaca tahlil dan yasin serta ditutup dengan pembacaan shalawat badar di kediaman pencipta shalawat badar, KH Ali Mansur,” kata Khudori kepada wartawan, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga  H Kuhlaim Junaidi Dorong Pembangunan SMAN di Kabupaten Sidoarjo Ditambah

Sekedar diketahui, dikalangan warga Nahdlatul Ulama (NU), sholawat badar sangat populer dikalangan santri.

Berikut Cuplikan Sholawat Badar: Lirik dan Arti Sholawat Badar

Selain untuk mengukuhkan ukhuwah islamiah ahlussunah wal jamaah an-Nahdliyah, acara itu, lanjutnya, untuk membumikan shalawat badar. Shalawat yang populer dikalangan masyarakat santri itu perlu diketahui bahwa penciptanya adalah ulama asal Banyuwangi, di Jalan Ikan Sepat 14, Kelurahan Karangrejo, yang saat ini ditempati oleh H Naufal Badri.

Loading...

“Kedepan kita istiqomah untuk bagaimana sholawat badar ini tidak hanya diketahui lahir di Banyuwangi tapi juga membumikannya. Bahkan rencana kedepan, bagaimana anak-anak di tingkat madrasah harus tahu sejarah yang luar biasa ini,” harap Khudori.

Baca Juga  Ini Prioritas Bupati Hendy dengan APBD Tahun 2022

Adapun, selain dihadiri putra pencipta shalawat badar dan salah satu guru Gus Dur, acara Haul Gus Dur ke-11 itu juga ada beberapa tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi, pada Selasa (29/12/2020) malam itu. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaTutup Tahun, Kadiv Regional Perhutani Jatim Kunjungi Tulungagung
Berita berikutnyaGubernur Jatim Berlakukan Jam Malam Saat Pergantian Tahun

Tinggalkan Balasan