H Sumail Abdullah Resmikan Sanitasi untuk Santri

17
H Sumail Abdullah Resmikan Sanitasi untuk Santri

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah meresmikan dan serah terima program sanitasi lembaga pendidikan keagamaan (MCK Pesantren) di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Ampel, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Kamis (23/12/2021).

Penyediaan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) ini, selain memberikan tempat yang layak, juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan pesantren yang aman, nyaman, sehat, dan bersih.

“Program sanitasi lembaga pendidikan keagamaan (MCK Pesantren) ini, Alhamdulillah sebagian besar sudah terlaksana semuanya. Di Banyuwangi kurang lebih 50 titik,” ujar Sumail.

Program penyediaan sarana prasarana sanitasi ini meliputi pembangunan bangunan MCK yang terdiri dari bilik mandi, toilet, tempat wudhu, tempat cuci tangan dan tempat cuci pakaian dengan alokasi anggaran setiap unit sekitar Rp. 200 juta.

Loading...
Baca Juga  Diduga Pungli Atribut Pelantikan Kades, Komisi I DPRD Gresik Panggil Dinas PMD

“Kami ingin bangunan yang sudah jadi ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya, dan semoga tidak alih fungsi,” tegasnya.

Sumail menambahkan, seluruh pengerjaan program padat karya MCK Pesantren tersebut dilakukan oleh masyarakat sekitar yang mempunyai keahlian di bidang pertukangan.

“Tahun depan, kemungkinan jumlahnya akan ditambah. Informasi dari Kemenag, tahun depan ditambah menjadi 188 unit. Itu artinya, tinggal 138 yang belum terfasilitasi,” tambahnya.

Pengasuh pondok pesantren Sunan Ampel Mohammad Habib Imroni mengaku bersyukur atas program ini lantaran bisa menjadikan santri lebih sehat. Terlebih, kualitas ini MCK ini sangat layak untuk santri.

“Kami pelihara MCK ini dengan baik, supaya bisa bermanfaat bagi santri. Untuk sementara, MCK ini kami pergunakan untuk santri putri,” jelasnya. ***

Baca Juga  Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakMalam NATARU 24 Dan 31 Desember, Tempat Hiburan Malam Dilarang Operasional
Artikulli tjetërBeras, Biskuit dan Minyak Antarkan Emak Emak ke Penjara

Tinggalkan Balasan