Gunung Raung Erupsi Keluarkan Asap

112
Gunung Raung (FOTO:Dok. Rochman/Kabarjawatimur.com)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Gunung Raung mengalami Erupsi skala kecil Kamis, 16 Juli 2020. Erupsi ini ditandai dengan munculnya kolom asap warna coklat dari kawah gunung api ini. Karena skalanya kecil, ketinggian kolom asap letusannya tidak terlalu tinggi.

“Dibilang skala kecil karena kalau dilihat dari ketinggian kolom asap letusannya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu besar,” ucap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, Jum’at (17/7/2020).

Pihaknya memperkirakan, tinggi kolom asap letusan gunung Raung ini hanya sekitar 100-200 meter saja dari puncak gunung. Letusan kecil, masih terus terjadi hingga saat ini.

Loading...

“Masih kita pantau, sampai sekarang masih berlangsung. Intensitas masih relatif sama dari tadi siang,” jelasnya.

Baca Juga  Sampaikan Pesan Mensos di Hari Pahlawan, Bupati Jember: Perangi Kebodohan dan Kemiskinan

Begitu juga dengan data yang direkam seismograf. Terjadi letusan dengan gempa-gempa letusan yang intensitasnya tidak terlalu besar. Meski terjadi letusan, status Gunung Raung masih pada level normal.

Dari Pos PGA Raung, lanjut Eka, yang di wilayah Kecamatan Songgon, Banyuwangi, justru tidak tampak kolom asap yang dikeluarkan gunung dengan tinggi 3.332 MDPL ini. Kolom asap itu justru bisa dilihat dari sisi gunung Ijen dan Kawah Wurung.

“Saya tahunya malah dari foto dikirimi Jember, Kawah Wurung. Malah dari sisinya Ijen itpu kelihatan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakPJR Polda Jateng Gunakan Face Shield Guna Tangkis Infeksi Covid-19
Artikulli tjetërJanjian Kencan Dengan Polwan, Pria ini Tak Sadar Masuk Perangkap

Tinggalkan Balasan