Suasana Pameran GIIAS saat press conference bersama media di Grand City Mall 2016

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya Auto Show di Grand City Convex Surabaya, 28 September-02 Oktober 2016 diharapkan dorong industri otomotif tanah air meningkat.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengatakan perkembangan industri otomotif dalam negeri cukup signifikan. Ini ditandai dari data kendaraan baru di Jatim sampai dengan Agustus 2016 sebanyak 81.944 unit.

“Meski sempat alami penurunan sebesar 2,10 persen dibanding periode yang sama pada 2015 sebanyak 83.699 unit kendaraan baru. Angka ini masih tetap ada perubahan jika dibandingkan dengan 2014 sebanyak 96.190 unit kendaraan baru hanya seleisih sebesar 14,81 persen,” jelasnya, Kamis (29/09/2016).

DikatakanWagub Jatim yang akrab dengan sapaan Gus Ipul ini, industri otomotif di tanah air terus bergairah. Sebab, jangka panjang industri otomotif khususnya di Jawa Timur juga jadi pemasok industri komponen di wilayah Jatim dan kepentingan dalam negeri tapi serta kepentingan negara lain.

Baca Juga  Sadis! Seorang Pria Tewas Diduga Ditebas Sajam

“Kami bersyukur ada produk yang muatan lokalnya terus meningkat bahkan ada yang 95 persen,” tuturnya.

Loading...

Data Gaikindo menyebutkan, jumlah kendaraan bermotor di Jatim sampai dengan Agustus 2016 sebanyak 16.650.282 kendaraan bermotor yang terdiri dari roda empat sebanyak 1.966.629 kendaraan bermotor atau sebesar 11,81 persen sedangkan roda dua sebanyak 14 juta 683.653 atau sebesar 88,19 persen.

Adanya pameran GIIAS, Gus Ipul melanjutkan, diharapkan mampu mendorong pembelian kendaraan yang berakibat pada penerimaan sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Sementara itu, Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengutarakan GIIAS diselenggarakan di Surabaya karena potensi yang dimiliki Jatim. Menurutnya, pameran ini menjadi ajang mempertemukan banyaknya pihak yg terlibat di industri bermotor.

Baca Juga  Arena Tarung Ayam di Ploso Jombang Dibakar Petugas

GIIAS berlangsung dari 28 September–2 Oktober 2016 di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya. Pameran ini akan diisi 13 brand Agen Pemegang Merek (APM) Indonesia meliputi 11 passenger cars, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki dan Toyota dan dua peserta commercial cars, Isuzu dan Mitsubishi Fuso.

Selama pameran pengunjung juga dapat melihat berbagai produk unggulan otomotif lain seperti aksesoris mulai dari audio, kaca film, car wash, jok kulit, dan lain sebagainya.

Penulis: Jefri Yulianto
Editor: Budi
Publisher: Gunawan

Loading...
Berita sebelumyaBatal Nikah Gara-Gara Tertangkap Konsumsi Sabu
Berita berikutnyaDiperas dan Dicabuli Sekuriti , Pengunjung Mall Lapor Polisi

Tinggalkan Balasan