Gara-Gara Jual Burung , Warga Kalimas Timur Surabaya Ditangkap Polisi

2545
Kapolres Perak pamerkan pelaku penjual burung

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Gara-gara menjual berbagai jenis burung, pria di Surabaya ini berurusan dengan pihak berwajib. Dia diamankan dirumahnya karena menjual burung-burung yang dilindungi

Pria yang diamankan yakni, TH (42) warga Jalan Kalimas Timur Surabaya. Polisi membekuknya pada, Rabu 07 Oktober 2020 sekira pukul 18.30 WIB di rumah tempat tinggalnya.

Saat diamankan, petugas langsung mengamankan beberapa burung diantaranya, 3 ekor Kakaktua Jambul Kuning (2 hidup, 1 mati), 1 ekor Bayan Hijau dalam keadaan mati dan 5 buah paralon warna putih.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, didampingi Kasat Reskrim Iptu M. Gananta S.I.K. mengatakan, tersangka ini diketahui menyimpan, memiliki, memelihara satwa dilindungi di rumahnya Jalan Kalimas Timur Surabaya.

Baca Juga  Resmikan Wisata Desa Kendalbulur, 'Gus Menteri' Didampingi Bupati Tulungagung Kunjungi Nangkula Park
Loading...

“Selain itu Tersangka TH juga memperniagakan satwa yang dilindungi tersebut ke berbagai kota diantaranya Solo, Tasikmalaya, dan Bandung,” kata Ganis Sabtu (17/10/2020).

Setelah ada pembeli, burung-burung itu dikirim melalui ekspedisi Kereta Api. Untuk burung Kakaktua Jambul Kuning tersangka TH menjualnya dengan harga Rp. 1.800.00, hingga Rp. 2.000.000, dan untuk burung Bayan dijual dengan harga Rp. 1.000.000.

Pelaku ini diamankan dan ditahan karena melanggar Pasal 40 ayat (2) Jo. Pasal 21 ayat (2) UU RI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Pelanggar Pasal itu di pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000. Selain burung dalam keadaan hidup dan mati, petugas juga mengamankan 1 buah buku rekening BRI milik TH beserta ATMnya.(*)

Baca Juga  Rasa Sayang' Tegalsari Digrebek, Ratusan Orang Diamankan Petugas Gabungan

Reporter : Eko

Loading...

Tinggalkan Balasan