Gagal Masuk TNI, Jadi Gadungan, Menipu Bermodus Bisa Loloskan Jadi Tentara

332
Tersangka Yusuf Wijaya , anggota TNI AD gadungan

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Dibalik penipuan yang dilakukan oleh Yusuf Wijaya (23) asal Jl.Petemon Gg. 4 Surabaya, ternyata bermotif dendam dan juga sakit hati. Saat itu Yusuf mengaku seorang Prajurit TNI AD berpangkat Seda (Sersan Dua) yang berdinas di POM DAM 5 Brawijaya.

Tersangka nekat melakukan penipuan sanggup memasukkan Mudakir (20) asal Jl. Simopamahan Surabaya untuk menjadi seorang TNI. Hal itu dilakukan karena didasari rasa sakit hatinya terhadap institusi TNI.

“Saya sakit hati, karena telah mendaftar sebanyak enam kali namun gagal,” aku Yusuf kepada kabarjawatimur.com, saat di Mapolrestabes Surabaya, Minggu (11/12/2016).

Korban yang juga pernah gagal saat tes calon TNI tersebut bertemu pelaku pada bulan Oktober di rumah korban. Saat itu Yusuf mengaku anggota TNI AD berpangkat Serda dan menjanjikan sanggup memasukan korbannya, walau sudah gagal sebelumnya saat tes kesehatan.

Loading...
Baca Juga  Bupati Bojonegoro Bersama DPRD Bahas Raperda Dana Abadi Pendidikan Berkelanjutan

AKBP Shinto Silitonga Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya menjelaskan, korban percaya setelah pelaku menunjukkan seragam dan juga Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI AD. Lalu pelaku meminta korban untuk membayar uang sejumlah Rp 25 juta, namun oleh korbannya ditawar Rp 12 juta.

“Dalam perjalanannya, korban tersebut tetap saja gagal dalam tes. Hingga akhirnya kedok pelaku terbongkar bahwa dirinya adalah anggota TNI AD gadungan”, kata AKBP Shinto.

Sedangkan pelaku mendapatkan seragam TNI, Shinto menyebutkan bahwa pelaku membeli semua atribut TNI di Pasar Turi, Surabaya. Mengenai KTA, tersangka mendapatkannya dengan cara belajar dari internet.

Kini tersangka dijebloskan tahanan Polrestabes Surabaya, dan bakal akan dijerat pasal 378 KUHP. Pelaku Yusuf ditangkap oleh Denpom Kodam 5 Brawijaya pada, Kamis (08/12/2016) yang lalu di Jl.Simorejosari A Gg. 9 Surabaya. Karena warga sipil, pelaku akhirnya diserahkan ke Polrestabes Surabaya.

Baca Juga  Pensiunan Militer di Jember Jadi Bandar Edarkan Sabu Seberat 1 Kg

Reporter: Ekoyono, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakResidivis Curanmor Dibekuk, Beraksi Usai Keluar Penjara
Artikulli tjetërGara-Gara Portal, Oknum Anggota Dewan Aniaya Perangkat Desa

Tinggalkan Balasan