Fitur Keamanan Mobil Pajero Ditumpangi Vanessa Angel Kurang Berfungsi

519

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Kabar duka dari selebritis Vanessa Angel nama asli Vanesa Azdania serta suaminya, tewas di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, Kamis (4/11/2021) masih menjadi perbincangan hangat.

Berita yang bermunculan tentang pemeriksaan terhadap supir yang mengendarai Mitsubishi Pajero tipe Dakar Unlimited 4×2 silinder 2,5 liter serta fitur fungsi keamanan mobil tersebut.

Hasil penyidikan supir yang dilakukan oleh pihak Polda Jatim serta pemeriksan fitur canggih yang dimiliki mobil yang ditumpangi korban, saat awak media mempertanyakan kepada Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman terkait fungsi keamanan mobil Pajero yang ditumpangi korban Vanesa Angel, pihaknya belum memberikan keterangan resmi.

Tentang dugaan air bag sisi depan mobil Mitshubisi Pajero Dakar yang tidak berfungsi juga diutarakan oleh salah satu Kepala Cabang Mitsubhisi Sidoarjo, Jawa Timur yaitu Fanny.

Melalui via seluler pihaknya mengutarakan hanya melihat air bag yang berfungsi disebelah sisi belakang atau baris tempat duduk yang dibelakang.

Baca Juga  BKD Desa Tlogoagung Jadikan Jalan Alternatif Bojonegoro - Lamongan Nglenyer

“Yang terlihat dari foto yang ada bahwa air bag mobil yang mengembang atau berfungsi di belakang sedangkan yang didepan tidak terlihat,” ujarnya, Sabtu (6/11/2021).

Ditambahkan juga untuk Mitshubisi jenis yang ditumpangi oleh Vanesa Anggel bersama suaminya merupakan seri 4X2 dimana seri tersebut belum secara total mempunyai kecanggihan keamanan.

Loading...

“Kecanggihan keamanan untuk 4×2 masih belum secanggih seri 4X4 Unlimited, dimana mobil di seri yang dikendarai VA belum mempunyai pengereman otomatis,” tambah Fanny.

Pengereman otomatis atau bernama Forward Collision Mitigation System (FCM), merupakan fitur pengereman guna mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan, yang terdeteksi oleh radar FCM dan akan mengerem otomatis jika terdeteksi akan terjadi tabrakan.
Menurut Fanny bahwa jenis mobil yang di tumpangi oleh korban tidak termasuk di fitur FCM.

Baca Juga  Pesta Miras Dalam Pernikahan Tiga Tewas, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Keterangan Fanny berbanding terbalik dengan apa yang di beritakan oleh beberapa media terkait fitur Mitshubisi Pajero seri penggerak 4X2. Dimana seri penggerak ini telah dilengkapi fitur FCM seperti yang dikutip oleh oto detik.com, Head of Technical Service Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, mengatakan bahwa 4×2 sudah dilengkapi FCM.

Boediarto memberikan penjelasan FCM yang dimiliki oleh Pajero seri penggerak 4X2 bisa diatur sensitivitas sensor rem otomatisnya. Namun Fitur ini juga bisa dinonaktifkan jika dirasa terlalu mengganggu, karena sensitif sensornya dirasa cukup peka sehingga segi kenyamanan berkurang.

Dari kejadian kecelakaan maut yang melibatkan laka tunggal di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672, pada Kamis (4/11/2021) siang kemarin, apakah fitur penunjang keselamatan yaitu FCM tidak berfungsi baik, tidak ada fitur tersebut atau fitur FCM sengaja dimatikan?

Reporter: Yanto

Loading...
Artikulli paraprakWawali Kota Armuji Sambangi UPTD Griya Werdha Jambangan
Artikulli tjetërJalin Sinergitas, Petugas Lapas/ Rutan-BNNP Jatim Gowes Bareng

Tinggalkan Balasan