Sumarsini bersama kuliner Sego Ces khas Samin

BOJONEGORO (Kabarjawatimur.com) – Kabupaten Bojonegoro tidak hanya memiliki beragam budaya, namun juga mempunyai beberapa kuliner andalan atau jajanan khas daerah, salah satunya adalah Sego Ces atau Nasi Ces.

Sego Ces sendiri merupakan makanan khas masyarakat Samin, yang berasal dari Kecamatan Margomulyo, dan kini menjadi icon kuliner terbaru Kabupaten Bojonegoro.

Dalam acara Festival Samin ke-5, yang bertempat di Lapangan Bumi Perkemahan Dusun Jepang, Desa Margomulyo Minggu (14/11/2021) kemarin, kuliner Sego Ces mulai diluncurkan dan turut dilombakan.

Sumarsini, salah satu pemenang lomba dalam festival Samin menjelaskan, bahwa Sego Ces dalam proses pembuatan atau memasaknya tidak menggunakan minyak, sehingga kualitas rasa originalnya akan tetap terjaga.

Baca Juga  AAL Kembali Suntikan 188 Vaksin Sinovac Bagi Siswa SMK Al-Fudlola dan Masyarakat Porong
Loading...

“Sego Ces asli itu prosesnya menggunakan kreweng atau pecahan genting, sementara olahan parutan kelapa seperti urap, saat memasaknya mengeluarkan bunyi ces. Kalau lauk pendampingnya bisa tempe bacem, ayam ungkep dan aneka lauk lainya, kemudian disuguhkan bersama nasi yang dibungkus daun jati,” terangnya.

Selanjutnya, Sumarsini mengatakan bahwa Sego Ces saat ini telah berinovasi, dalam pengolahanya tidak lagi menggunakan kreweng, namun kelapa parut ditongseng tanpa minyak.

“Untuk bumbunya tetap seperti biasa, namun ada samir itu daun jati sebagai pembungkus Sego Ces khas Samin, dan semua kita olah tanpa menggunakan minyak,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk harga kuliner Sego Ces, Sumarsini dan warga lainya tidak mematok terlalu tinggi, hanya kisaran Rp 3 ribu sampai dengan Rp 5 ribu tergantung isian menu.

Baca Juga  Aktivis Tuban Desak APH Turun Tangan Soal BPNT Broken

Disisi lain, diharapkan dengan adanya pembangunan desa wisata berbasis budaya samin tersebut, bisa menjadi ikon baru yang dapat menunjang perekonomian desa.

Reporter : Pradah Tri W

Loading...
Berita sebelumyaMafia Tanah di Surabaya Timur Dibekuk Polisi

Tinggalkan Balasan