Duh! Video Lingkungan Sekolah Jadi Ajang Mengarahkan Dukungan Cabup-Cawabup Beredar di Banyuwangi

Screnshoot. (Istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Sebuah video yang mencoreng dunia pendidikan beredar di Banyuwangi. Video tersebut berisi dugaan keberpihakan Komite SMAN 1 Pesanggaran terhadap Cabup Cawabup peserta Pilbup Banyuwangi. Tak pelak, video itu langsung menggegerkan netizen.

Dalam rekaman berdurasi 32 detik, Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran, Subur, dengan terang – terangan meminta masyarakat peserta rapat untuk mendukung Cabup perempuan. Dan pada Pilbup Banyuwangi, Cabup perempuan hanyalah Ipuk Fiestiandani.

“Cuma yang tidak kalah pentingnya bapak ibu, satu yang saya pesankan, bulan desember, tanggal 9, pilihan bupati jangan sampai lupa milih calon seng wedok (red : yang perempuan), itu pesen saya,” kata Subur dalam video.

Dikonfirmasi wartawan, Subur yang juga petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Pesanggaran, mengakui bahwa orang yang mengarahkan dukungan peserta rapat dilingkungan sekolah SMAN 1 Pesanggaran itu adalah dirinya.

Tapi dia mengaku bahwa video yang beredar adalah video lama. Dimasa pasangan calon Cabup Cawabup Banyuwangi belum memiliki nomor urut.

“Yang jelas itu video lama dan belum ada nomor urut dan itu spontanitas saya sebagai pribadi,” katanya.

Loading...

Ketika ditanya apakah memang diperbolehkan seorang Ketua Komite SMAN 1 Pesanggaran diperbolehkan mengarahkan dukungan masyarakat kepada Cabup Cawabup peserta Pilbup Banyuwangi dilingkungan sekolah, Subur tidak menjawab.

Informasi dilapangan, adegan dalam video terjadi didalam lingkungan sekolah SMAN 1 Pesanggaran, pada 30 September 2020 lalu. Atau sudah masuk dalam tahapan kampanye Pilkada 2020.

Sayang, Kepala Sekolah SMAN 1 Pesanggaran, Slamet, belum bisa dikonfirmasi. Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi, Istu handono, menegaskan bahwa lingkungan sekolah tidak boleh dijadikan tempat kampanye.

Bahkan, juga dilarang dijadikan tempat mengarahkan dukungan terhadap salah satu pasangan Cabup Cawabup peserta Pilbup Banyuwangi.

Selain dilingkungan SMAN 1 Pesanggaran, dari kesaksian masyarakat, Subur diduga juga pernah mengarahkan dukungan terhadap Cabup Cawabup di Kantor Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran.

Hal itu dilakukan relawan sosial dibawah naungan Kementrian Sosial (Kemensos) itu saat penyerahan bantuan pemerintah. (*)

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan