Duh, Kebakaran Gunung Ranti Merembet ke Gunung Ijen

305
Kebakaran Gunung Ranti dan Gunung Ijen (istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Setelah Gunung Ranti terbakar hebat, kini giliran api merembet hingga di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, pada Minggu (20/10/2019).

Badai angin yang terjadi puncak gunung tersebut, semakin memperparah keadaan. Sejumlah pohon-pohon tumbang melintang di jalanan, membuat warga dan tim pemadam terjebak didalam abu asap tebal.

Dikabarkan, sejumlah pohon di jalur pendakian pun ikut terbakar. Api menjulang tinggi hingga 20 meter, mengelilingi pos area Paltuding. Pantauan dilokasi, titik-titik api masih membara, terlebih bara api sisa kebakaran beterbangan terbawa angin.

“Api terus membesar. Pohon-pohon tumbang, area ini kita tutup sementara untuk semua pengunjung,” ucap Kepala Resor TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo.

Loading...
Baca Juga  3,5 Ton Beras dari Polrestabes Surabaya untuk Korban Gempa Cianjur

Menurutnya, kebakaran diwilayah Widodaren ini imbas dari loncatan api di kawasan petak 86 ke petak 87. Api cepat merambat karena didorong dengan kencangnya angin dikawasan tersebut.

“Ada badai diatas, sehingga api cepat menyambar. Sementara untuk pemadaman, akses menuju Widodaren sangat sulit. Kita hanya batas memantau dan mewaspadai,” katanya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat yang mengetahui hal ini tidak menaiki gunung Ijen untuk sementara waktu. Baik karena penasaran ataupun ingin melihat api secara langsung.

“Pohon-pohon ditepian jalan juga terbakar, dan itu berbahaya bagi pengendara. Jadi kami mohon untuk tidak naik keatas,” jelasnya.

Hingga kini area Gunung Ranti, dan Kawah Ijen telah dikepung oleh asap abu berbahaya. Asap gelap pekat membuat pandangan terhalangi. (*)

Baca Juga  Pejabat Lama Purna Bakti, Kemenkumham Jatim Dipimpin Pelaksana Tugas

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakAdies Kadir: Selamat Bekerja untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia
Artikulli tjetërWanita ini Babak Belur Setelah Pergoki Suami Berselingkuh

Tinggalkan Balasan