Dugaan Pungli Parkir Pasar Blega, Polisi Amankan Uang Rp 600 Ribu

62

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Satgas Saber Pungli (pungutan liar) memeriksa sejumlah pegawai pasar Blega, Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur.

Ada 9 pegawai pasar yang diperiksa unit Tipikor Satreskrim Polres Bangkalan. Terdiri dari 3 orang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 6 orang Tenaga Harian Lepas (THL).

Kasat Reskrim Polres Bangkalan AKP David Manurung menerangkan, pemeriksaan dilakukan dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai dugaan Pungli retribusi parkir liar di pasar Blega.

Sedangkan status lahan parkir di pasar tersebut, kata David, tidak dilengkapi dengan surat izin resmi. Selain itu, saat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pihaknya berhasil menyita barang bukti uang tunai sebesar Rp 600 ribu. Diduga hasil dari Pungli restribusi parkir liar.

Baca Juga  Wisata Pulai Merah Segera Ada Satpamobvit

“Tim saber Pungli berhasil mengamankan 9 orang, termasuk 3 ASN dan 6 THL, dan sekarang masih tahap pendalaman dan pemeriksaan terhadap dugaan-dugaan itu,” terang David, Senin (14/10/2019) malam usai melakukan pemeriksaan diruang Satreskrim Polres Bangkalan.

Loading...

“Jumlah nominal yang diamankan Rp 600 ribu. Besok akan dilakukan rapat dengan kejaksaan dan akan gelar perkara disana,” imbuhnya.

David menjelaskan, pungutan liar terhadap pengguna jasa parkir cukup besar. Selain itu, penarikan tarif parkir juga tidak sesuai dengan peraturan daerah (Perda) nomor 9 tahun 2019 tentang retribusi jasa umum.

“Penarikan bervariasi, ada yang Rp 2 ribu, ada yang Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu,” katanya.

Namun, Tim Tindak Saber Pungli yakni Polres Bangkalan belum menetapkan tersangka atas dugaan Pungli restribusi parkir liar tersebut.

Baca Juga  Ganjar Pranowo-Erick Thohir Sosok yang Diinginkan Jokowi

“Belum (penetapan), makanya saya bilang tadi siapa yang menanggung hukum ini, karena ini kan Saber Pungli itu melibatkan Kejaksaan,” ungkapnya.

David menyebutkan, salah satu yang diperiksa adalah Kepala Pasar Blega berinisial R. “Dalam pengamanan itu termasuk ada kepala pasar,” tutupnya. (*)

Reporter: Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakPangdam V/Brawijaya Ajak Elemen Masyarakat ‘Jogo Jawa Timur’
Artikulli tjetërNyolong Motor di Surabaya, Warga Probolinggo Bonyok di Massa

Tinggalkan Balasan