DPRD Surabaya Miliki Gedung Representatif

40

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Sebelum mengakhiri masa jabatan pada bulan Agustus mendatang, 50 anggota DPRD Kota Surabaya mendapat kado fasilitas baru. Anggota dewan kota yang sebentar lagi berakhir ini, bakal menempati gedung baru di belakang gedung lama di Jalan Yos Sudarso.

Gedung Baru DPRD Surabaya Diresmikan
Ketua DPRD Kota Surabaya Ir Armuji memberikan sambutan.

Selasa (21/5), gedung yang lebih representatif itu diresmikan Ketua DPRD Kota Surabaya, Ir Armuji MH. Peresmian itu, disaksikan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Ratih Retnowati dan Sekkota Surabaya Hendro Gunawan dan beberapa pejabat dari instansi lain.

Banyak harapan masyarakat dengan adanya gedung baru ini. Yakni agar para anggota dewan terpilih ini betul-betul bekerja lebih maksimal. Keberadan gedung baru ini bukan untuk gaya-gayaan atau mewah-mewahan.

Terealisasinya gedung baru itu sekaligus kado kepemimpinan Ketua DPRD Surabaya Armuji kepada semua anggota DPRD terpilih. Sebab, Agustus besok, anggota DPRD periode sebelumnya akan digantikan anggota dewan periode 2019-2024. Sementara Ketua DPRD Armuji, akan naik menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim.

“Selamat kepada para anggota DPRD terpilih. Silakan nanti menempati gedung baru delapan lantai. Gedung baru ini bukan untuk gaya-gayaan atau mewah-mewahan. Kami pastikan fasilitas gedung ini wajar. Hanya lebih luas saja, dengan gedung yang baru ini anggota Dewan bisa bekerja lebih maksimal,” harap politisi PDI Perjuangan ini dalam sambutannya.

Cak ji ini menjelaskan, bahwa beberapa ruangan di gedung baru memang digunakan untuk ruang fraksi dan alat kelengkapan dewan. Sementara untuk ruang unsur pimpinan dan paripurna tetap menggunakan yang lama.

“Jadi kalau ada rumor bahwa masing-masing anggota dewan akan mendapatkan ruangan itu tidak benar. Karena sebenarnya ruangan fraksi yang saat ini digunakan itu sebelumnya milik sekwan, karena terpaksa dan tidak ada lagi, mereka mengalah,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Dewan Kota Se-Indonesia (Adeksi) sesaat setelah menandatangai prasasti dan mengunting pita.

Hanya saja bedanya, lanjut Armuji, ruangan fraksi saat ini lebih luas dan lega. Apalagi periode yang baru jumlah fraksi menjadi delapan, yang sebelumnya hanya tujuh.

Baca Juga  Kemenag Sebut Ada Wacana Kenaikan Biaya Haji

“Tidak ada fasilitas baru di gedung, hanya saja lebih lebar dan luas, sehingga kalau menerima tamu lebih enak. kalau ada tamu lebih dari 20 orang, insha allah masih bisa menampung,” tandasnya.

Gedung itu akan menempati 8 lantai menyatu dengan gedung lama. Tidak perlu merobohkan gedung lama dan tetap akan memanfaatkan kembali gedung lama. Namun aktivitas utama para anggota dewan akan berada di gedung baru tersebut.

Loading...

“Ruang paripurna dan pimpinan DPRD tetap akan memanfaatkan gedung lama. Gedung baru untuk ruang fraksi, komisi, dan semua alat kelengkapan dewan. Mulai dari Badan Kehomatan, Badan legislatif, hingga kelengkapan dewan lainnya,” sahut mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya periode 1999-2004 ini.

Gedung baru itu akan ditempati oleh 50 anggota DPRD periode besok. Sebenarnya gedung tersebut sudah dibuat melalui anggaran 2017. Namun baru dituntaskan 2019 ini.

Diakui Cak Ji bahwa gedung baru itu juga bagian dari kado dirinya bersama pimpinan yang lain merealisasikan gedung baru. Kado sebelum ia pindah menjadi anggota DPRD Jatim.

“Semoga bikin nyaman sehingga bisa bekerja maksimal memperjuangkan suara rakyat,” tambah Ratih.

Cak Ji kembali menegaskan bahwa tidak ada fasilitas apalagi kursi empuk untuk para angota dewan baru nanti. Semua diminta lebih mementingkan aspirasi dan suara rakyat kota ketimbang memikirkan fasilitas baru.

Dengan gedung baru kelebihannya adalah gedung yang lebih lebar dan luas sehingga kalau menerima tamu lebih enak. Bisa menampung hingga lebih dari 20 orang. Bila ada yang demo juga bisa orasi sepuasnya di halaman gedung baru. Sebab di dalam areal dan tidak menganggu kelancaran jalan umum.

Sementara menurut Sekda Hendro Gunawan, pihaknya berharap, dengan adanya fasilitas gedung baru yang lebih luas ini bisa semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, utamanya terkait penyampaian aspirasi.

Baca Juga  Event IFRC Bawa Berkah UMKM di Banyuwangi

“Dengan bertambahnya jumlah fraksi di gedung yang baru ini, maka semakin banyak keterwakilan rakyat, ini tentu akan lebih baik,” katanya.

Santuni 500 Anak Yatim Piatu

Prosesi peresmian gedung baru DPRD Surabaya ini dirangkai dengan berbagi bersama ratusan anak yatim piatu sebagai wujud kepedulian DPRD Surabaya yang telah menjadi agenda tahunan.

Sebanyak 500 anak yatim dari beberapa panti asuhan di Surabaya diundang. Gedung baru ini selain akan menambah luas gedung dewan, juga akan berpotensi memberikan secaa maksimal pelayanan demi kepentingan rakyat.

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji membubuhkan tanda tangan pada prasasti tanda peresmian gedung baru. Meski telah diresmikan namun gedung itu tidak segera ditempati. Sebab, gedung delapan lantai itu saat ini masih dalam keadaan kosong melompong. Tidak ada fasilitas yang mengikuti di dalam gedung baru itu. Tak ada sofa, meja kursi, dan sarana pendukung hingga mebeler.

“Memang mebeler dan isi gedung belum siap. Namun peresmian sudah kita lalukan dan mebeler akan menyusul dalam waktu sebulan. Kan perlu lelang,” kata Cak Ji.

Cak Ji memastikan semua ruangan fraksi juga diberlakukan sama. Tidak seperti saat ini ruang fraksi pemenang pemilu dengan fraksi lain ukurannya berbeda. Di gedung nanti tidak ada diskriminasi apa pun.

Armuji menyebut memang sudah saatnya DPRD memiliki gedung yang representatif. Gedung DPRD lama itu dibangun usia lama saat hanya ada tiga fraksi dalam era orde baru. Yakni hanya ada 4 fraksi.

“Nantinya ada 8 fraksi sehingga perlu gudang baru yang lebih reprsentatif. Saya sampaikan tidak setiap anggota dewan punya ruangan sendiri,” pungkas Cak Ji.

Teks foto: Armuji meresmikan gedung ditandai dengan menggunting pita disaksikan Ratih Retnowati dan Sekkota Hendro Gunawan.

Reporter: Boy
Editor: Rizky Rahim

Loading...
Artikulli paraprakNekat Tarik Apple, Pria ini Berdalih Butuh Uang
Artikulli tjetërArek Kriminal Bagikan 500 Takjil bagi Pengguna Jalan

Tinggalkan Balasan