DPRD Bojonegoro Tanggapi Perencanaan Rehab Pendopo Malowopati

1

Bojonegoro, (kabarjawatimur.com) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan merehab bangunan Pendopo Malowopati. Alokasi anggaran yang disiapkan sebesar Rp5,3 miliar, saat ini masih proses lelang, sejauh ini Pendapa Malowopati belum pernah direhab. Rehab kali ini adalah yang pertama dilakukan sejak 10 tahun terakhir.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKCK) Bojonegoro Adie Wijaksono mengatakan, rehab Pendapa Malowopati tidak akan merubah bentuk, tapi sedikit ada perubahan, bangunanya akan sedikit ditinggikan.

Rehab tersebut juga tidak akan merubah struktur kayu yang mendominasi bangunan pendapa. Sebab struktur kayu dibangunan itu sudah berusia cukup tua. Sehingga akan tetap dipertahankan, kayu-kayunya akan tetap ada dan tidak akan diubah.

Baca Juga  Hore, Jalan Desa Sumberagung Sudah Terpasang Lampu Jalan

Bangunan pendapa Malawapati yang sebagian besar berbahan kayu. Itu sesuai dengan Bojonegoro sebagai penghasil kayu jati terbaik. Kayu-kayu tersebut diukir dengan bagus, sehingga nuansa seninya sangat terasa saat ada di dalamnya.

Loading...

Berdasar laman pengadan secara elektronik (LPSE) hingga Senin (19/06/2022) ada 61 kontraktor yang ikut lelang. Jumlahnya masih bisa bertambah karena masa pendaftaran masih berlangsung.

Selain Pendapa Malowopati, yang akan dibangun lagi adalah kantor baru Bupati. Kantor itu dibangun di lahan bekas kantor dinas lingkungan hidup (DLH). Rencananya kantor baru tersebut akan dikonsep seperti Gedung Grahadi atau rumah dinas Gubernur Jatim.

Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto mengatakan, rehab Pendapa Malowopati memang akan dilakukan tahun ini. Namun, pihak DPRD tidak tahu rencana desain yang akan diterapkan.

Baca Juga  Damkar Bojonegoro Gerak Cepat Bersihkan Material Lumpur di Jalanan

“Itu dinas teknis yang tahu untuk perencanaan desain yang diterapkan,” jelasnya.

Dilanjutkanya, bahwa beberapa tahun terakhir pemkab memang giat membangun. Bojonegoro memiliki dana yang cukup besar, tapi dia berharap tidak hanya itu.

“Berbagai program lain yang bisa memberikan peningkatan ekonomi masyarakat.” harapnya. (*)

Reporter: Aziz.

Loading...
Artikulli paraprakAjang Jaring Atlet Potensial, Lamongan Gelar Liga Santri

Tinggalkan Balasan