DPRD Bojonegoro Proses Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak

122

Bojonegoro, (kabarjawatimur.com) – Inisiatif Komisi C DPRD Bojonegoro untuk membuat rancangan peraturan daerah (raperda) perlindungan perempuan dan anak (PPA) masih berupa naskah akademik, draf tersebut masih proses penyempurnaan.

Tahapan selanjutnya menunggu pembentukan panitia khusus (pansus) melalui rapat paripurna.

Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro Ahmad Supriyanto mengungkapkan bahwa, raperda PPA telah masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) 2022. Pihaknya belum bisa memastikan jadwal pembentukan pansus raperda PPA tersebut.

“Kami menunggu penjadwalannya dari bapemperda (badan pembentukan peraturan daerah) dan bamus(badan musyawararah) DPRD,” jelasnya.

Komisi C telah dua kali menggelar forum group discussion (FGD) guna menampung aspirasi masyarakat yang mana akan dituangkan ke dalam naskah draf raperda. Dan pihaknya telah menggandeng akademisi dari Universitas Bojonegoro (Unigoro) dalam proses penyusunannya.

Loading...
Baca Juga  Dinilai Aman, Polisi Turunkan Jumlah Personil Pengamanan Sidang MSAT

Aspirasi yang ditampung ada representasi dari OPD seperti dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan keluarga berencana (DP3AKB) dan dinas kesehatan (dinkes). Juga mengajak Koalisi Perempuan Indonesia, Fatayat, Muslimat, dan kelompok masyarakatsipil yang memang mengawal isu perempuan dan anak.

“Selain itu, beberapa organisasi mahasiswa seperti HMI, PMII, dan GMNI juga dilibatkan,” kata Supriyanto.

Raperda PPA ini tentu penting untuk disahkan. Mengingat tingginya kasus kekerasan seksual di Bojonegoro.

“Di situasi sekarang ini yang mana banyak kasus kekerasan seksual, tentu raperda PPA ini kami rasa penting untuk segera disahkan,” ungkapnya.

Setelah terbentuk pansus raperda PPA, pihaknya bakal menggelar uji publik dan FGD melibatkan beragam pihak agar raperda PPA bisa secara komprehensif melindungi hak-hak perempuan dan anak. (*)

Baca Juga  Bu Nyai dan Kiai Kampung Antusias Memberi Dukungan ke Ganjar

Reporter: Aziz

Foto: Ahmad Supriyanto, Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro.

Loading...
Artikulli paraprakRatusan Botol Miras Diangkut ke Polsek Jelang Ramadhan
Artikulli tjetërAwas Hoak, Loker RSUD Sumberrejo di Grup FB

Tinggalkan Balasan