DPRD Banyuwangi Dukung ‘Jogo Tirto’ Dapat Insentif

199
Puluhan Jogo Tirto Banyuwangi usai audiensi di Kantor DPRD Banyuwangi. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – DPRD Banyuwangi mendukung sub blok irigasi sawah atau biasa disebut ‘Jogo Tirto’ untuk mendapatkan insentif dari Pemerintah.

Sebelumnya, puluhan jogo tirto ini mendatangi kantor DPRD Banyuwangi, mereka melakukan audiensi kepada Ketua Komisi II, Hj. Siti Mahrochmatin Ni’mah. Dengan dikawal oleh Ketua Forum Rakyat Bedaulat Indonesia (FORBI), Agus Tarmidzi.

Agus Tarmidzi mengatakan, pihaknya bersama jogo tirto se Bumi Blambangan sangat menginginkan nasib kesejahteraan. Menurutnya, jogo tirto ini bertugas mengatur air di sawah, yang nantinya akan dimanfaatkan oleh para petani.

“Jogo tirto memang sangat membantu petani, karena dia adalah pengatur air. Karena dengan air, pertanian bisa melimpah,” kata Agus Tarmidzi usai audiensi di Kantor DPRD Banyuwangi, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga  Pendidikan Akhlak Sebagai Perioritas MTs Plus Nabawi Kedungadem

Dan di momentum Hari Tani Nasional ini, masih Gus Tar, dalam audiensi ini hasilnya tentu sepakat dan pihak DPRD akan mendukung ditanggung.

Loading...

“Nasib jogo tirto menjadi tanggung jawab semua, insyaalah optimis niat kami dalam rangka kesejahteraan dikabulkan,” jelas Gus Tar.

Sementara itu, Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengatakan, DPRD sudah kompak akan memperjuangkan nasib jogo tirto untuk mendapatkan insentif. Tentunya, harus dihitung terlebih dahulu.

“Nanti perlu kita hitung dulu besarnya berpa, tapi yang pasti sikap DPRD sepakat memperjuangkan petani dibawah, sekaligus yang belum pernah diperhatikan,” tegas Made Cahyana.

Sejauh ini, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Banyuwangi paling terbesar adalah pertanian. Jadi, jogo tirto sudah sepatutnya diperjuangkan bagaimana mereka diperhatikan dalam bentuk insentif.

Baca Juga  Spesialis Pencuri Dompet Dalam Mobil Dibekuk, Pelaku Dua Orang Pria

“Kami akan perjuangkan kesejahteraan jogo tirto melalui insentif. Mohon do’anya,” jelas Made, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi ini.

Sekedar diketahui, jumlah jogo tirto di Banyuwangi sebanyak 1.302 orang. Mereka berharap mendapatkan insentif dari Pemerintah. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakPolisi Banyuwangi Bagi-bagi Menu Sarapan pada Pengguna Jalan
Artikulli tjetërJalanan Rusak Sepanjang 60 Km Kelar Diaspal

Tinggalkan Balasan