DLH Klarifikasi Tak Terangkutnya Sampah di TPS

71
Tumpukan Sampah di Jalan Letnan Sunarto, Pangeranan Bangkalan

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Tumpukan sampah terlihat menggunung dan berserakan hingga ke jalan raya di Jalan Letnan Sunarto, Pangeranan, Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur.

Tempat pembuangan sementara (TPS) sampah tidak cukup menampung sampah Rumah Tangga yang dibuang masyarakat sekitar.

Berdasarkan penuturan salah satu warga di Jln. Letnan Sunarto tumpukan sampah tersebut sudah empat hari dibiarkan dan tak pernah diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Baunya tak sedap dan menyengat, tidak enak juga dilihat, kami berharap kepada petugas kebersihan (DLH, red) secepatnya diangkut biar tidak bertambah terus,” tutur Hanifatul. Selasa (8/10/2019) kepada Kabarjawatimur.com

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Kabarjawatimur.com, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Desa Buluh Kecamatan Socah Bangkalan sudah overload atau tidak bisa menampung sampah darinTPS.

Loading...
Baca Juga  Kartini Street Food, Favorit Warga Bojonegoro

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan Hadari mengungkapkan bahwa, selama dua hari terakhir pihaknya tidak pernah mengangkut sampah dari TPS ke TPA lantaran 10 armada pengangkut sampah telah rusak.

Mantan Kepala Inspektorat itu menyebutkan, Backhoe Crusher alat yang digunakan untuk meratakan sampah di TPA rusak. Sehingga sampah-sampah tertumpuk.

“Kami punya alat namanya backhoe crusher itu rusak sehingga sampah tidak dapat diratakan, ketika tidak dapat di ratakan sampah itu banyak yang keluar sehingga sampah dari luar tidak bisa masuk,” terangnya.

Hadari berjanji akan segera menyelesaikan persoalan tersebut. Pihaknya sudah menyewa alat dari pihak ketiga agar bisa meratakan sampah dan mengangkut sampah-sampah di TPS ke TPA.

Baca Juga  Peringkat Naik, Jember Menjadi Kabupaten Layak Anak Peringkat Nindya 2022

“Kami minta maaf pada publik, dan kami sudah dapat petunjuk dari pak Bupati untuk segera menyelesaikan masalah ini, dan kami hari ini sudah menyewa alat dari luar kota, agar segera mengatasi masalah ini,” tandasnya. (*)

Reporter: Rusdi

 

Loading...
Artikulli paraprakPilkades Serentak 2019, Polres Banyuwangi Turunkan 3.943 Personil
Artikulli tjetërPolres Banyuwangi Siapkan Regu Penjinak Bom dalam Pesta Demokrasi Pilkades Serentak

Tinggalkan Balasan