Dispendukcapil Jember Fokus Perbaiki Pelayanan KTP-el

0

Jember,(kabarjawatimur.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember terus berkomitmen untuk menuntaskan perekaman KTP-el. Perekaman untuk masyarakat yang saat ini belum pernah melakukannya.

Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan Dispendukcapil Jember, Mochamad Agus Khusnul Mufid menyampaikan, bahwa perekaman KTP-el atau pembuatan KTP-el saat ini dapat di lalukan di sejumlah tempat seperti Kecamatan dan Kantor Dispendukcapil.

“Jadi untuk pembuatan KTP-el yang baru itu persyaratannya cukup membawa KK yang benar, berusia 17 tahun dan untuk perekaman bisa di Kecamatan dan Kantor Dispendukcapil Jember. InsyaAllah dalam waktu kurang lebih 4 hari KTP-el sudah jadi,” kata Mufid.

Ia menjelaskan, bahwa Dispendukcapil terus berupaya meningkatkan pelayanan seperti mendistribusikan secara langsung KTP-el yang sudah jadi ke Kecamatan. Dan yang paling penting warga yang menerima KTP-el ini juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga  IPM Bojonegoro Masa Depan Bisa Melompat ke Level Tinggi

“KTP yang sudah jadi akan langsung dikirim ke Kecamatan setelah itu akan didistribusikan ke desa nantinya KTP akan diserahkan langsung kepada masyarakat melalui RT/RW dan yang paling penting pembuatan KTP-el ini gratis,” bebernya.

Loading...

Ditanya soal masih adanya keluhan dari masyarakat perihal KTP yang tidak segera jadi. Agus Khusnul Mufid mengatakan, Hal ini akan segera di evaluasi mulai dari sis­tem, mekanisme, hingga prosedur pelayanan. Akan di petakan satu per satu untuk mencari solusi yang efektif dan efisien.

“Kami berkomitmen terus memperbaiki sistem untuk mengurai permasalahan yang terjadi. Kami juga selalu mengevaluasi KTP yang masih tertahan di Kecamatan agar cepat sampai ke warga,” jelasnya.

Baca Juga  Respon Kasus Kekerasan Seksual di Jawa Timur, Aktivis KAKS Gelar Diskusi

Bahkan demi memberikan layanan adminduk yang prima pada masyarakat Jember. Dispendukcapil telah melaksanakan Program Monalisa (mobil layanan administrasi kependudukan) yang bersistem jemput bola. Dengan mendatangai masyarakat langsung ke desa maupun kota yang ada di Jember.

Dengan mobil layanan administrasi kependudukan (adminduk) tersebut masyarakat Kabupaten Jember akan dilayani perekaman adminduknya.

“Seperti sekarang kita ada pelayanan melalui J-Monalisa, WA online ini merupakan upaya dari kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meminimalisir pihak ketiga. Karena masyarakat bisa secara langsung mengajukan Adminduknya kepada kami,” pungkasnya. (*).

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakFestival Ganjar Milenial, Cara Anak Muda Tunjukkan Dukungan
Artikulli tjetërTiga OPD Pemkab Bojonegoro Dinyatakan Lulus Seleksi Zona Integritas

Tinggalkan Balasan