Disdik Bangkalan Sosialisasikan Merdeka Belajar, Apa itu?

21
Sosialisasi Merdeka Belajar di Kecamatan Kwanyar

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan gencar melakukan sosialisasi ‘Merdeka Belajar’ program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Sosialisasi yang dikemas denga road show ke semua UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) SD dan SMP se-Kabupaten Bangkalan itu digelar secara bergiliran dimulai dari tanggal 09 hingga 23 Januari.

Kepala Disdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika mengatakan, pihaknya memberikan pemahaman apa itu merdeka belajar, serta menyampaikan program unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan sendiri.

“Selain mensosialisasikan program Kemendikbud, kita juga menyampaikan program disdik Bangkalan,” ungkapnya Rabu (15/01/2020).

Kepada semua UPTD, Bambang menyapaikan empat program sebagai kebijakan pendidikan nasional “Merdeka Belajar”.

Loading...
Baca Juga  Dirlantas Polda Jateng Tegaskan Penindakan Kendaraan 'ODOL'

Pertama, USBN akan diganti dengan ujian (asesmen) yang diselenggarakan oleh sekolah, dan Tahun 2020 ini menjadi UN yang terakhir karena pada Tahun 2021 dan UN akan diubah menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter.

Selain itu, Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) akan dilakukan dengan efisien dan efektif.

“Yang ke-empat Peraturan Penerimaan Peserta DIDIk Baru (PPDB) Zonasi akan lebih fleksibel untuk mengakomodasi, ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah,” imbuhnya.

Selain empat program nasiona itu, Bambang juga menyampaikan Program unggulan Disdik Kabupaten Bangkalan seperti Program Gerakan Bangkalan menghafal Al-Quran (GBMQ), Insersi (penyisipan) Kurikulum Pendidikan Anti Korupsi (PAK), Penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA)Tujuan Dalam rangka menuju Kabupaten Layak Anak serta Reformasi Birokrasi Arahan Kebijakan Zona Integritas.

Baca Juga  Diberitakan Marak Calo, Samsat Kedung Cowek Datangi Korban dan Minta Media Hapus Berita

“Karena kita juga punya program unggulan yang harus kita sampaikan ke pada semua pihak, program itu merupakan hasil evaluasi dari tahun lalu,” tutupnya. (*)

Reporter: Rusdi

Loading...

Tinggalkan Balasan