Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Terkait penutupan beberapa klinik rapid test dan swab antigen disekitar Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi adalah inisiatif Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, dr. Rio Widjilestariono. Sebelumnya, beberapa klinik yang mengeluarkan surat bebas covid-19 ‘Disidak’. Pasalnya, klinik tersebut diduga melanggar aturan.

Dugaan pelanggaran tersebut diantaranya tentang lokasi praktek pelayanan rapid dan test swab antigen tidak sesuai dengan lokasi ijin operasional klinik. Dan, petugas swabternya diduga kurang berkompeten.

“Kegiatan sidak itu adalah inisiatif dari Danlanal,” kata dr. Widjilestariono kepada kabarjawatimur, Senin (19/7/2021).

Baca Juga:Diduga Melanggar Aturan, 10 Klinik di Banyuwangi ‘Disidak’ Satgas Covid-19

Baca Juga  Forkopimda Banyuwangi Tinjau Vaksinasi di Sekolah dan Pesantren

Rio sapaan akrab dr. Widjilestationo menyebutkan bahwa pihaknya sedang menunggu keterangan lebih lanjut dari Komandan TNI AL Banyuwangi (Danlanal).

“Kami sudah menanyakan kelanjutan masalah ini seperti apa ke Lanal, tetapi belum mendapat jawaban,” ujar Rio yang juga Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi.

Loading...

Lebih lanjut, saat ditanya mengenai apakah pelayanan rapid test dan swab antigen yang ada didalam pelabuhan ASDP ketapang, Banyuwangi memiliki izin operasional yang sesuai lokasinya, dr. Rio menerangkan jika itu kewenangan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)

“Untuk yang didalam Pelabuhan itu yang tau adalah KKP,” jelasnya.

Rio juga membenarkan jika Dinkes juga terlibat dalam sidak tersebut. Namun, Rio berhalangan hadir, dan diwakilkan oleh Kasi Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer pada Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Edi Hermanto.

Baca Juga  Polisi Mulai Olah TKP Lokasi Bongkaran Besi Baliho yang Diduga Dijual Oknum Satpol PP

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis menyampaikan jika sidak yang dilakukan pada Sabtu (17/7/2021) kemarin masih dalam proses pengumpulan data.

“Sidak kemarin masih pengumpulan data. Jadi, mana yang kompeten dan mana yang tidak berizin. Artinya nanti akan merata, proses masih berlangsung dilanjutan tim kesehatan dari Kabupaten,” ucap Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis, kepada wartawan.

Sebagai informasi, dalam sidak itu, petugas Satgas Covid-19 Kecamatan Kalipuro dan Dinas Kesehatan mengecek satu persatu lembaga atau klinik yang tersebar di sekitar Pelabuhan ASDP Ketapang dan Lanal Banyuwangi. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaForkopimda Jatim resmikan Stasiun Isi Ulang Oksigen Gratis di Sidoarjo
Berita berikutnyaImigrasi Bandung Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan