Diduga Tidak Netral dalam Pilkades, Ketua BPD di Pacitan Terancam Dilaporkan

46

PACITAN, (Kabarjawatimur.com) – Tim pemenangan Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut 02 Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan mempertanyakan netralitas Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Dikabarkan, Ketua BPD Desa Kasihan, Umar diduga berpihak kepada salah seorang Cakades lain, sehingga saat penyampaian visi misi Cakades pada Rabu (09/10/2019) kemarin Umar diduga mementahkan misi Cakades nomor urut 02 Susianto.

Yahya Tim pemenangan Cakades nomor urut 02 kecewa atas permasalahan ini yang diduga Ketua BPD Desa Kasihan, Umar saat memberikan pengarahan ke warga yang hadir diacara penyampaian visi misi Cakades berkata ‘bila mengaktifkan kuli ratan (jalan) itu menyalahi aturan yang ada’.

Baca Juga  Pengakuan Perampas Motor Ojol di Polsek Genteng, Wajah Bonyok Dihajar Warga

Atas perkataan tersebut, lanjut Yahya, sehingga Ketua BPD ditenggarai berpihak kepada salah satu Cakades atau ada kepentingan pribadi Ketua BPD ke Cakades nomor urut 02. Pasalnya, ketika pemilihan Kepala Desa periode sebelumnya keduanya pernah menjadi rival pada Pilkades ketika tahun 1999.

Loading...

“Seharusnya Pak Umar selaku Ketua BPD yang juga sebagai pengawasan penyelenggara Pilkades harus netral, bukan malah menjatuhkan misi cakades dengan cara yang ngawur pula,” ucap Yahya saat menyerahkan berkas aduan resmi tertulis di kediaman Ketua Panwas Desa Kasihan, Anang, pada Kamis (10/10/19) malam.

Sementara itu, Yahya menegaskan Kepada BPD Desa Kasihan agar bekerja sesuai aturan, dan jangan melewati batas kewenangannya. Apalagi tidak netral dalam pesta demokrasi Pilkades di Desa Kasihan

Baca Juga  Melinjo Sebagai Pencegah Covid-19

“Kalau jadi BPD ya tunjukkan sebagai BPD, dan kalau mau jadi tim pemenangan salah satu Cakades lebih baik mundur dulu sebagai BPD,” tegas Yahya.

Lebih lanjut yahya yang juga selaku tim pemenangan Cakades no urut 02 menuntut Ketua BPD, Umar harus segera meralat ucapannya didepan hadirin yang kemarin hadir di penyampaian visi misi.

“Saya berharap, panitia Pilkades dan pengawas bisa berbuat adil dan transparan serta bisa mengakomodir tuntutan kami,” pungkas Yahya.

Reporter: Yuan

Loading...

Tinggalkan Balasan