Diduga Salahi Aturan, Proyek Drainase di Bolo Gresik Berimbas Jalan Rusak

Kondisi jalan penghubung antar desa yang berada di Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Pengerjaan drainase yang menyerap Dana Desa di Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik diduga menyalahi aturan. Sebab, posisi drainasenya lebih tinggi dari permukaan jalan. Hingga menyebabkan jalan rusak parah.

Terlebih lagi, jalan penghubung antar desa ini tidak diperbaiki. Oleh pemerintah desa setempat, jalan tersebut justru diuruk memakai tanah kapur atau ‘limestone’. Kondisi semakin parah ketika hujan turun yang menyebabkan jalan becek.

“Drainase itu dibangun lebih tinggi, sehingga tidak berfungsi. Kalau gak salah dibangun tahun lalu. Apalagi ketika hujan sangat memprihatinkan. Air masuk ke pemukiman warga,” kata Syafii, salah seorang warga setempat, Rabu (26/8/2020).

Dia menyebut, rusaknya jalan cukup membahayakan bagi pengendara. Oleh karena itu, warga pun berharap jalan tersebut segera diperbaiki. “Banyak yang jatuh akibat jalan yang rusak tersebut,” ungkapnya.

Loading...

Kasi Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Femmy Husada mengatakan, pihaknya akan melakukan survei lebih lanjut ke lokasi jalan tersebut.

“Kalau secara administrasi itu salah, apalagi kondisi drainase lebih tinggi dari permukaan jalan. Akan kita cek lagi,” katanya.

Femmy pun menyatakan, bila jalan tersebut memang wewenang pekerjaan pemerintah daerah karena masuk jalan Kabupaten Gresik. Apalagi proyek drainase itu menggunakan dana desa tahun 2019.

“Secara administratif salah dan tidak sesuai dengan penilaian kita yang punya wewenang. Tapi masih kita cek terlebih dahulu” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Bolo Moh Gholib menambahkan jika pihaknya sudah mengerjakan drainase tersebut sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Gresik.

“Urusan drainase sudah ngikuti RAB. Dahulu sudah kordinasi dengan Dinas PUPR katanya kalau sudah akan digarap dan akan melaksanakan sesuai ketinggian jalan,” katanya saat dikonfirmasi awak media. (*)

Reporter : Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan