Diduga Salah Paham, Terjadi Keributan Oknum Polisi dengan Pengunjung di Hacienda Mexican Bar & Grill

11724
Hacienda Mexican Bar & Grill, Tunjungan Plaza 6
Hacienda Mexican Bar & Grill, Tunjungan Plaza 6

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Pihak pemerintah kota Surabaya yang terdiri dari unsur Sat Pol PP Surabaya, Dinas Pariwisata Surabaya dan Team Satgas Covid -19 kecolongan tentang kejadian Hacienda Mexican Bar & Grill, Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Sabtu (14/11/2020) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Tempat hiburan minuman dan makanan yang berjenis Bar dan Karaoke tersebut ternyata masih beroperasional hingga dini hari. Bila kategori izin Restoran  maka Hacienda Mexican Bar & Grill, Tunjungan Plaza 6 Surabaya seharusnya Oprasional hingga pukul 22.00 WIB sesuai penerapan Perwali No.33 tahun 2020 pasal 20.

Namun setelah kejadian tawuran melibatkan oknum polisi yang kabarnya salah satu Kapolsek di kota Surabaya berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) bersama pengunjung lain dari warga sipil, Sabtu (14/11/2020) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Selama pandemi Covid-19 pada bulan Juli 2020 paska di turunkannya Perwali 33 tahun 2020 di Pasal 20 mengatur, bahwa usaha hiburan malam berjenis BAR dan Resto (menjual alkohol jenis MB A,B dan C) tidak boleh beroprasional hingga batas yang ditentukan oleh Pemerintah Surabaya.

Baca Juga  Usai Belanja Ratusan Juta, Pria Kupang Krajan Surabaya Dibekuk Polisi

Terhitung sejak bulan Juli 2020 pemerintah kota Surabaya bersama Kepolisian menindak tegas dengan menyegel dan mencabut izin bila tempat hiburan umum dan malam nekat beroprasional ternyata hanya untuk kalangan rekreasi hiburan umum (RHU) yang berkelas menengah kebawah saja.

Loading...

Sedangkan untuk jenis RHU kelas menengah atas ternyata masih bisa beroprasional seperti Hacienda Mexican Bar & Grill, Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Dengan kejadian tawuran di Hacienda Mexican Bar & Grill, pukul 00.30 WIB, kabarjawatimur.com kesulitan saat konfirmasi dengan pihak Dinas Pariwisata Surabaya.

Melalui Antiek Sugiarti selaku Kepala Dinas Dinas Pariwisata Surabaya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut tentang perizinan yang dimiliki oleh Hacienda Mexican Bar & Grill.

Bila sesuai Perwali 33 tahun 2020 untuk tempat hiburan jenis BAR maka di tegaskan tidak boleh beroprasional hingga batas waktu yang di tentukan. Namun bila tempat hiburan tersebut berizin adalah Restoran dan Rumah makan maka boleh beroprasional hingga pukul 22.00 WIB di masa pandemi.

Baca Juga  Awas! Pencurian Sepeda Angin Marak, Pelakunya Nekat Meski Banyak Orang

Dari data yang dihimpun, keributan terjadi pada Sabtu (14/11/2020) dini hari pukul 03.00 WIB belum jelas duduk persmasalahnya, namun di duga hal tersebut terjadi akibat terpengaruh alkohol. Hal tersebut dijelaskan oleh Vincent sebagai penanggungjawab Hacienda Mexican Bar & Grill membenarkan adanya keributan antara oknum anggota kepolisian dengan beberapa pengunjung di tempat usahanya.

“Memang untuk pengujung warga Sipil memesan dan meminum alkohol sedangkan untuk rombongan Polsek hanya meminum kopi. Awal hingga terjadi perkelahian secara pasti saya kurang tahu namun, pada saat itu sudah closing (tutup) mereka tidur dimeja masing masing, tidak tahu kenapa setelah itu langsung ribut,” ungkapnya.

Reporter. :  Rusmiyanto

Loading...

Tinggalkan Balasan