Diduga Korupsi DD, Empat Aparatur Desa di Bangkalan Ditahan

108
Empat Tersangka Korupsi DD Diamankan di Polres Bangkalan

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com)- Mantan Pj. Kepala Desa Karang Gayam Kecamatan Blega berserta Sekretaris, Bendahara dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Polres Bangkalan. Mereka diamankan lantaran diduga melakukan tindak pidana korupsi APBDes anggaran tahun 2016.

Keempat tersangka itu yakni Rosidah (57) selaku Pj. Kades, Zainal Arifin (50) Bendahara Desa, Umar Sugianto (62) Sekretaris Desa, dan Mohammad Holil (45) Ketua BPD. Mereka menjabat aparatur Desa Karang Gayam ini pada tahun 2016 silam.

KBO Satreskrim Polres Bangkalan, Iptu Sugeng Hariana menerangkan bahwa pihaknya mengamankan empat tersangka setelah melakukan serangkaian pemeriksaan. Modus yang mereka terapkan yakni tidak membelanjakan program dan kegiatan yang direncanakan sebelumnya alias fiktif. Program fiktif non infrastruktur ini bersumber dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016.

Baca Juga  Bakul Bakwan Punya Kerja Sampingan, Membuatnya Ditangkap Polisi

“Kerugiannya senilai Rp 587 juta. Yang dibelanjakan itu tidak sesuai dan kebanyakan itu fiktif hanya kwitansi saja,” ungkap Iptu Sugeng, Jumat 15 Juli 2022.

Loading...

Iptu Sugeng mengatakan, saat ini keempat tersangka telah diamankan dan berkas perkaranya langsung dilimpahkan pada Kejaksaan Negeri Bangkalan. Ia menambahkan salah satu tersangka Mohammad Holil yang saat itu menjabat Ketua BPD, kini menjabat sebagai Kepala Desa Karang Gayam definitif.

Akibat perbuatannya keempat tersangka dijerat pasal 2 dan 3 UU Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Bangkalan, Dedi Frangky membenarkan bahwa pihaknya menerima pelimpahan berkas dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa di Desa Karang Gayam. Setelah proses pelimpahan berkas rampung, pihaknya akan langsung menahan keempat tersangka di rumah tahanan (rutan) Kejati Surabaya.

Baca Juga  Dari Pengedar Barang Jalan Kunti, Polisi Amankan Puluhan Poket Siap Edar

“Yang pastinya tim penyidik akan melakukan penahanan, dan akan dikirim ke rutan Kejati Surabaya pada hari ini juga,” pungkasnya.

Reporter: Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakMiras yang Tewaskan Pemabuk di Surabaya Bercampur Obat Nyamuk
Artikulli tjetërJoki SBMPTN disikat Polrestabes Surabaya, Salah Satunya Wanita

Tinggalkan Balasan