Diduga Hasil Hubungan Gelap, Warga Temukan Bayi Mungil di Tepi Selokan

34

Kabarjawatimur.com Gresik – Seorang bayi mungil berjenis kelamin perempuan ditemukan tergeletak di tepi selokan belakang rumah Fadholi (42) warga Jalan Qomarudin RT01 RW03 Desa Sungonlegowo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Senin (29/04/2019) pagi.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun. Bayi berbobot 2,7 kilogram dan tinggi badan 46 centimeter tersebut pertama kali ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB. Bayi itu sengaja dibuang oleh ibunya lantaran diduga hasil hubungan gelap.

Waktu ditemukan, bayi dalam kondisi telanjang dengan ari-ari yang sudah terpotong. Dan pada dahi korban tampak luka kecil bekas benturan dari gesekan batu. Kondisi cuaca kala itu sedang hujan rintik-rintik. Di lokasi penemuan bayi terlihat ada bercak darah.

“Sejak jam 04.00 pagi saya sudah curiga ada suara bayi. Tapi saya masih ragu. Apalagi saat itu kondisi hujan rintik-rintik. Baru sekitar pukul 05.30 saya bersama suami mencoba mencari tahu. Dan ternyata betul ada bayi di belakang rumah saya,” ujar Faizah istri dari Fadholi saat ditemui di rumahnya.

Baca Juga  70.000 Usaha Mikro Banyuwangi Dapat Bantuan Jokowi, Ini Kata Bupati Anas

Waktu ditemukan, lanjut Faizah, dia tidak langsung mengambil bayi tersebut. Dia lalu memberitahu tetangga sekitar untuk ikut menyaksikan.

“Saya takut terjadi apa-apa. Makanya saya kabari orang-orang sekitar. Bayi itu lalu digendong suami saya dan diselimuti kain agar tidak kedinginan,” ucapnya.

Loading...

Tak berselang lama, peristiwa ini akhirnya dilaporkan oleh perangkat desa setempat ke Polsek Bungah. Polisi lalu datang untuk mengecek kondisi bayi yang telah dirawat di rumah bidan Hj Sakilah. Selanjutnya petugas melakukan olah TKP.

Kanit Reskrim Polsek Bungah Aiptu Suhardi ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari perangkat desa setempat terkait penemuan bayi yang baru lahir tersebut.

“Sudah kita cek bayinya dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Setelah mendatangi rumah bidan, lanjut Suhardi, pihaknya akhirnya mendapat kabar bila ada salah seorang perempuan yang sudah mengakui sebagai ibu bayi.

Baca Juga  Pengakuan Perampas Motor Ojol di Polsek Genteng, Wajah Bonyok Dihajar Warga

“Tadi ibu bayi sudah diantar oleh ayahnya ke rumah bidan,” katanya.

Menyikapi peristiwa ini, pihaknya masih mengedepankan penyelesaian secara kekeluargaan. Dia pun mempertimbangkan psikologis ibu bayi yang masih remaja dan berstatus siswa SMA.

“Kita tetap melakukan penyelidikan. Tapi tentunya kita punya pertimbangan sendiri secara kemanusiaan. Yang harus dicari tahu justru siapa laki-laki dari si ibu bayi ini. Dan kalau sudah tahu maka sebaiknya dinikahkan saja,” ungkapnya.

Diketahui si ibu yang tega membuang bayinya sendiri ini berinisial RTL (16) warga desa setempat. Saat ini RTL masih berstatus siswi SMA. Sebelum membuang bayinya, dia nekat melakukan persalinan sendiri dengan hanya bermodalkak gunting.

Reporter: Azharil Farich
Editor: Rizky

Teks foto : Petugas Reskrim Polsek Bungah saat menjenguk bayi di rumah bidan desa.

Loading...

Tinggalkan Balasan