Dapat Jatah 3 Ribu Dosis, Gresik Mulai Vaksinasi PMK Sapi di Panceng

14
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menyaksikan pemberian vaksin kepada sapi di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Pemkab Gresik terus berupaya dalam pemberantasan penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi. Salah satunya, dengan melakukan vaksinasi terhadap sapi yang dimulai pada hari ini, Selasa (28/6/2022) di wilayah Pantura tepatnya di Desa Siwalan, Panceng.

Dalam vaksinasi PMK tahap awal ini, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani turun langsung memimpin pelaksanaannya dengan jatah 3.000 dosis vaksin PMK sapi dari Pemprov Jawa Timur.

Pria yang akrab disapa Gus Yani ini berkata, jatah 3 ribu vaksin tersebut sebenarnya belum bisa memenuhi kebutuhan vaksin sapi di Gresik. Kendati begitu, dia optimis akan mendapatkan vaksin tambahan sesuai kebutuhan.

“Yang penting kuota pertama ini bisa habis tersuntik ke sapi secepatnya. Supaya penyebaran penyakit PMK pada sapi bisa ditekan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Loading...
Baca Juga  Rektor UTM Berikan Penghargaan pada Prodi, Dosen, Tendik dan Mahasiswa Berprestasi

Dia menyebut, vaksinasi sapi ini oleh pemerintah pusat diprioritaskan untuk sapi perah penghasil susu. Sementara, sapi di Gresik mayoritas sapi potong.

“Kami minta Dinas Pertanian memantau sapi yang belum tervaksin agar terjaga kesehatannya. Termasuk kebersihan kandang, pakan yang baik dan kalau ada gejala sakit langsung diperiksakan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Eko Anindito Putro mengatakan, 3.000 dosis vaksin itu akan disebar di Gresik selatan sebanyak 2.000 dosis, dan di Gresik Utara 1.000 dosis.

“Kami ditarget maksimal tanggal 4 bulan depan sudah habis vaksinnya, nanti sapi yang sudah tervaksin ada tanda pin yang ada barcodenya,” tandas Eko.

Setelah vaksin pertama, empat minggu kemudian akan diberikan vaksin dosis dua, setelah itu, jarak enam bulan akan diberikan vaksin dosis tiga alias booster. (*)

Baca Juga  RAP Pembangunan Jembatan, Berikut Penjelasan Dana Dusun Jubellor

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Artikulli paraprakKakanwil Kemenkumham Kalbar Beri Kiat Khusus Identifikasi Pungli dan Gratifikasi
Artikulli tjetërPUBG New State optional update has removed Vulkan API on all Poco phones

Tinggalkan Balasan