Kereta Api

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – PT KAI Daop 9 Jember pada bulan September, tetap mengoperasikan 7 KA yang ada saat ini. Namun, dengan beberapa penyesuaian tanggal operasional.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus
Barkah Nugraha mengatakan, dari 7 KA yang beroperasi tersebut, terdapat 3 KA yang hanya
beroperasi hingga pertengahan September.

“KA Logawa, KA Mutiara Timur, dan KA Wijaya Kusuma, yang beroperasi pada tanggal 1-15
September,” ujarnya, pada Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, KAI Daop 9 Jember akan melakukan evaluasi terhadap respon para pelanggan KA. Apabila terjadi peningkatan okupansi, tidak menutup kemungkinan akan menambah hari operasional.

Daftar Kereta Api yang akan Beroperasi

Dalam mengoperasikan KA, PT KAI Daop 9 Jember akan tetap konsisten dalam menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 baik di lingkungan stasiun maupun KA. Salah satu diantaranya adalah pembatasan kapasitas tempat duduk maksimal 70%.

Baca Juga  PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 20 September 2021

Selain itu, para pelanggan KA Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan (Rapid-tes/PCR/surat keterangan bebas gejala influenza dari Puskesmas/RS), memakai masker, mengenakan face shield, menempati tempat duduk sesuai nomor tiket, menjaga jarak, kondisi tubuh sehat (tidak mengalami gejala flu, pilek, demam, batuk), suhu badan kurang dari 37,3 derajat celcius.

Loading...
Penumpang saat berada di stasiun

“Petugas KAI juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pelanggan selama dalam perjalanan, dan jika kedapatan memiliki suhu lebih dari 37,3 derajat celcius, pelanggan tersebut akan dipindahkan ke ruang isolasi yang tersedia, dan kemudian akan diturunkan di stasiun terdekat yg memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan,” terangnya.

PT KAI Daop 9 Jember juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di area stasiun dan KA, dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan pada area yang rentan bersentuhan tangan secara bergantian.

Baca Juga  Siswono di Rapat Paripurna DPRD Jember Meminta Bupati Perhatikan Suplai BBM Solar Nelayan

“Kami juga menyediakan tempat cuci tangan maupun handsanitizer yang dapat digunakan oleh pelanggan agar senantiasa terjaga dari Covid-19, yang terjaga kebersihan dan higienis,” ucap Agus.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan KA Jarak Jauh maupun KA Lokal, dapat
melakukan pemesanan tiket melalui layanan aplikasi online KAI Access mulai H-7 sebelum
keberangkatan kereta api, maupun penjualan Go-Show yang dilayani 3 jam sebelum KA berangkat. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaLiga Indonesia Akan Digelar Ditengah Pandemi Covid 19, Catat Tanggalnya!
Berita berikutnyaHansip di Petemon Surabaya Nyambi Edarkan Serbuk Haram

Tinggalkan Balasan