Danpom Koarmatim Buka Pelatihan Pawang K-9

59

SURABAYA – Komandan Polisi Militer Komando Armada RI Kawasan Timur (Danpom Koarmatim) Kolonel Laut (PM) Drs. Audi Rahman secara resmi membuka pelatihan pawang anjing pelacak (K-9) yang diikuti 14 Prajurit Pomal wilayah timur, berlangsung di Desa Willa Von Zorro Sekuti Prigen Kabupaten Malang. Senin (31/10/2016).

Dalam amanatnya Danpom Koarmatim menyampaikan, Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal) memiliki fungsi utama yaitu penegakan hukum(Gakkum) dan penegakan ketertiban (Gaktib) yang bertujuan untuk melaksanakan pencegahan maupun penindakan kejahatan yang mungkin dilakukan oleh Prajurit TNI Angkatan Laut. Untuk melaksanakan fungsi tersebut, di perlukan adanya upaya-upaya nyata yang signifikan oleh aparatur penegak hukum khususnya Pomal.

Khususnya kejahatan di bidang penyalahgunaan narkotika dan psikotropika yang merupakan kejahatan sangat luar biasa, dimana pengedar dan penggunanya sudah menembus golongan masyarakat tanpa mengenal kasta sosial sehingga dianggap sudah sangat mengancam kelangsungan hidup generasi penerus bangsa.

Loading...
Baca Juga  Sepuluh Paket Narkotika Berbagai Jenis, Gagal Masuk Lapas

Lebih lanjut, untuk meminimalisir penyalahgunaan narkotika dan psikotropika yang kemungkinan dilakukan oleh Prajurit TNI maupun keluarganya, Pimpinan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pangarmatim mengadakan pelatihan pawang anjing pelacak (K-9) yang diharapkan nantinya akan lebih memiliki kemampuan deteksi dini terhadap narkotika dan psikotropika khususnya di wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut, perbatasan, daerah rawan peredaran narkoba, pungkas Danpom Koarmatim.

Melalui pelatihan ini, para Prajurit Pomal yang menjadi pawang anjing pelacak (K-9) akan lebih mendalami tentang prosedur dalam penyerangan menggunakan anjing pelacak (K-9), prosedur dalam pencarian benda terlarang, pemeriksaan gedung, serta pelacakan terhadap pelaku/barang bukti tindak pidana.

Penulis : Ekoyono, Editor: Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Baca Juga  Ingat, Operasi Patuh Semeru 2022, Ada Puluhan Kendaraan Tilang ETLE Mobile
Artikulli paraprakTNI AL Bersama TLDM Gelar Latma Malindo Jaya 24B/16
Artikulli tjetërAndi Faisal, Pengacara Dimas Kanjeng Kecanduan Sabu-Sabu

Tinggalkan Balasan