Perwakilan PT. BSI memberikan tempat cuci tangan portable ketika di kantor Pemerintahan. FOTO:Dok.Kabarjawatimur.com

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) –Dalam upaya penanggulangan pandemi dan mendukung upaya pemerintah memerangi penyebaran virus covid-19, Operator tambang emas di Banyuwangi, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) memberi bantuan tempat cuci tangan portabel sebanyak 25 unit.

Tempat cuci tangan berbentuk tong plastik berkapasitas 250 liter tersebut ditempatkan di kantor Pemerintahan dan fasilitas umum di sekitar perusahaan beroperasi, seperti Kantor Desa, Kecamatan, dan lain-lain.

Sekedar diketahui, cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan salah satu hal yang sangat direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia WHO, selain memakai masker dan pembatasan fisik (physical distancing).

Penyediaan tempat cuci tangan ini untuk memudahkan masyarakat saat berada di tempat umum. Melengkapi bantuan ini, PT BSI juga menyerahkan hand sanitizer, masker dan sabun untuk cuci tangan.

Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari kerja Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 PT BSI bidang eksternal. Manajemen PT BSI sengaja membentuk satgas ini untuk bekerja sama dengan Satgas COVID-19 Kecamatan Pesanggaran dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di wilayah Pesanggaran.

Baca Juga  Kades Sumberagung Banyuwangi Ungkap 2 Nama Terduga Provokator Aksi Tolak Program Air Bersih Rowo Rejo dan Pancer

“Kami bahu-membahu dengan satgas kecamatan untuk penanganan dan penanggulangan COVID-19 di wilayah Pesanggaran,” ujar Sudarmono, pada Kamis (9/4/2020).

Loading...

Mengenai penempatannya, Sudarmono menjelaskan agar warga yang mendatangi tempat-tempat ini mau mencuci tangannya sekaligus untuk himbauan pembiasaan. Harapannya, semakin banyak masyarakat menyadari pentingnya CTPS karena bisa membunuh kuman dan virus berbahaya. Selain itu, kebiasaan CTPS dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Kita bersama-sama berusaha menjaga kesehatan diri dan masyarakat luas dengan melakukan langkah-langkah seperti cuci tangan dan memakai masker sebagaimana dianjurkan pemerintah,” ucapnya.

Penyediaan perlengkapan cuci tangan, lanjut Sudarmono, untuk melengkapi berbagai program penanganan dan penanggulangan COVID-19 oleh Satgas COVID-19 PT BSI dan Kecamatan Pesanggaran. Beberapa program lain sudah dilaksanakan dan terus berlanjut, seperti membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk tiga Puskesmas terdekat: Sumberagung, Pesanggaran dan Siliragung.

Baca Juga  Bea Cukai Gresik Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Ilegal Hingga Obat Kadaluwarsa

“Bantuan yang diberikan antara lain masker N95, masker kain, sepatu bot, hand sanitizer, sabun dan sarung tangan,” imbuhnya.

Bahkan, di bidang ketahanan pangan, PT BSI juga telah mulai menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat rentan. Sebanyak 70 paket telah tersalurkan, pada Sabtu (4/4/2020) kemarin. Bahkan, jumlah penerima terus diupdate untuk memastikan masyarakat rentan di Pesanggaran dapat tercover.

“Kami menyasar warga yang terdampak langsung secara ekonomi, yaitu mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap,” pungkas Sudarmono. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaPuluhan Ribu Lobster Diamankan Polda Jatim, Dua Pembawanya Ditahan
Berita berikutnyaRibuan Ekstasi Diamankan Polisi dari Dua Pemuda Simo Surabaya

Tinggalkan Balasan