Cawabup Gresik ‘Ning Min’ Ternyata Punya Silsilah Keturunan Dengan Jaka Tingkir

93
Cawabup Gresik Aminatun Habibah saat memberi keterangan kepada awak media

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Kehadiran cawabup perempuan dalam perhelatan Pilbup Gresik 2020 memberi warna dan harapan baru. Hal ini terlihat saat Aminatun Habibah yang akrab disapa Ning Min dipasangkan dengan Fandi Ahmad Yani, Cabup Gresik yang akrab disapa Gus Yani.

Menelisik lebih dalam, Ning Min yang merupakan putri dari Pengasuh Ponpes Qomarudin Bungah almarhum KH Ahmad Muhammad Al Hammad ini ternyata memiliki silsilah keturunan dengan Raja Pajang, Jaka Tingkir.

Diketahui, Jaka Tingkir merupakan raja pertama Kerajaan Pajang. Dia memerintah tahun 1549 hingga 1582 M. Sementara, Ning Min sendiri mewarisi keturunan tersebut dari pendiri ponpes Qomarudin, Kiai Kanugrahan. Ponpes tertua di Pantura Jawa itu berdiri pada tahun 1775 M.

Baca Juga  Di Bacok OTD, Dua Warga Lebak Surabaya Luka Parah Bagian Kepala

Berikut silsilahnya, Aminatun Habibah binti KH Ahmad Muhammad Al Hammad bin Khodijah binti Kiai Ismail bin Kiai Nawawi (M Sholeh Tsani) bin Rosiyah binti Kiai Harun bin Kiai Qomarudin bin Kiai Samidin bin Nyai Jonah binti Kiai Dentho bin Kiai Jumali bin Jaka Tingkir (Sultan Hadiwijaya).

Loading...

Melihat silsilah keturunan tersebut, diyakini menjadi awal mula yang baik untuk bekal maju di Pilbup Gresik. Tak hanya, memiliki latar belakang nasab yang baik, Ning Min juga punya pengalaman kuat di organisasi.

Mulai dari aktif sebagai Wakil Sekretarud PW Ma’arif NU Jatim, Bendahara MKKS SMK Ma’arif NU dan Pondok Pesantren Jatim. Kepala Sekolah SMK Assa’adah Bungah ini juga pernah dipercya sebagau Ketua I PC Fatayat NU Gresik, Pengurus Muslimat NU Gresik dan anggota Panwaslu Gresik.

Baca Juga  Pengambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Surabaya Positif Tertular

Semasa kuliah di IKIP Yogyakarta (sekarang UNY) dia merupakan aktivis PMII. Saat menjadi aktivis dia satu angkatan dan cukup akrab dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Waktu itu, Ketua PMI Yogyakarta dijabat oleh Cak Imin.

Tak cukup hanya itu, Ning Min juga merupakan salah satu pendiri Lembaga Pusat Perlindungan Anak dan Perempuan di Gresik. Dari situ, dia meluangkan banyak waktunya untuk advokasi dan pemberdayaan masyarakat. Khususnya kaum perempuan dan anak. (*)

Reporter : Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan