Perjalanan Kereta Api. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Mulai 10 Februari 2021, perjalanan KA di Daop 9 Jember akan KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan serta penambahan relasi.

Hal ini dikarenakan PT KAI (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujar VP Daop 9 Jember Agus Barkah Nugraha, Kamis (11/2/2021).

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan KA. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah banyaknya pilihan KA, relasi tujuan yang bertambah, serta efisiensi waktu perjalanan KA.

Baca Juga  ISNU dan FRB Rogojampi Kolaborasi Layani Vaksinasi Gratis

“Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka jarak dan waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih efisien,” ujar Agus Barkah.

Agus Barkah menambahkan, Daop 9 Jember pada Gapeka 2021 ini banyak mengalami perubahan jadwal keberangkatan KA dari dan menuju kota tujuan, adapun jadwal KA di Daop 9 Jember sebagai berikut:

Loading...


Agus Barkah mengatakan bahwa kini masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan channel pembelian online lainnya.

“Pastikan kembali jadwal perjalanan Anda karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada Gapeka 2021 dan kami juga menghimbau kepada calon pelanggan KA dengan keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar pelanggan tidak tertinggal kereta karena pemberlakuan Gapeka 2021,” ujar Agus Barkah.

Baca Juga  Besi Baliho Bergambar Puan Ternyata untuk Bangun Mushala

Selain itu, para pelanggan wajb mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami juga berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, peningkatan serta perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan lintas baru, dan lainnya,” tutup Agus Barkah.

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaPanglima TNI Intruksikan Bombardir RT Yang Masuk Zona Merah dengan Prokes Ketat
Berita berikutnyaOptimalkan Intelijen, Petugas Rutan Medaeng Temukan Bumbu Pecel yang Dicampur Pil Koplo

Tinggalkan Balasan