Capaian Vaksin Boster Rendah, Binda Korwil Jember Dampingi Nakes Vaksinasi Hingga Pelosok Dusun

61

Jember,(kabarjawatjmur.com) – Kasus Covid-19 di Jember kian melandai, kendati demikian kondisi capaian vaksnasi dosis 2 dan booster masih kurang dari target nasional.

Untuk membantu pemerintah daerah Badan Intelejen Negara Daerah Jawa Timur melakukan vaksinasi serentak di seluruh kabupaten kota di Jawa Timur. Masing-masing kordinator wilayah (korwil) di tiap kabupaten kota bekerjasama dengan dinas kesehatan setempat.

Salah satunya yang digelar di Dusun Ponjen, Desa Kencong, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Rabu (21/7/2022). Tidak hanya di wilayah perkotaan, Binda Korwil Jember blusukan mencari sasaran hingga ke dusun.

Kepala Desa Kencong Ahmadi tidak mengira salah dusun di desanya menjadi lokasi vaksinasi massal.

“Kami merasa terhormat ditunjuk menjadi lokasi vaksinasi oleh Binda Jatim Korwil Jember. Namun memang desa kami rutin mengelar vaksinasi bergiliran di enam dusun yang ada di Desa Kencong,”katanya.

Untuk menarik masyarakat agar mau mengikuti vaksin, Ahmadi menuturkan telah menyiapkan berbagai hadiah diantaranya kulkas atau lemari es. Sedangkan untuk dusun yang warganya paling banyak mengikuti vaksin, pihak desa juga menyiapkan hadiah.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala

“Ini untuk perangsang saja agar masyarakat datang untuk vaksin primer maupun boster,”tuturnya

Sementara itu di lain kesempatan Bupati Jember Hendy Siswanto saat dikonfirmasi usai Paripurna di DPRD Jember, Rabu 20 Juli 2022. mengatakan, sampai saat ini capaian vaksin booster di Jember untuk dosis 2 mencapai 68 persen dan ini masih akan dikejar terus, untuk bisa memenuhi target nasional yakni 70 persen.

Loading...

“Ini memang sulit sekarang ya kurang 2 persen saja, makanya kita kebut supaya terus bisa terpenuhi targetnya,” ujarnya.

Selanjutnya untuk booster sendiri menurut Hendy masih minim, maka dari itu pihaknya terus meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jember untuk melakukan percepatan proses vaksinasi ini.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Kesehatan Lilik Lailiyah menjelaskan bahwa saat ini capaian vaksin booster ini masih sekitar 14 persen saja.

“Padahal target sebelumnya itu bisa mencapai 30 persen, tetapi ini masih belum tercapai,” jelasnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKN Bantu Vaksinasi Serentak BIN Daerah di Jember

Saat ini target untuk menciptakan herd immunity harus mencapai 50 persen vaksin booster, maka pihaknya terus melakukan percepatan dengan menggandeng seluruh elemen yang ada.

“Jadi kita minta kepada seluruh faskes yang ada di Jember untuk tetap melakukan vaksinasi khususnya booster, bagi pengunjung yang belum vaksin akan segera dilayani di tempat,” pungkasnya.

Lilik menyampaikan, kondisi saat ini covid-19 di Jember sudah melandai walaupun masih ada yang terpapar satu atau dua orang saja.

“Ini biasanya orang Jember yang berada di luar kota yang terpapar,” kata Lilik.

Meski kasus positif Covid-19 di Jember melandai, pihaknya berharap masyarakat tetap sadar dan mau melakukan vaksinasi agar bisa segera mencapai herd imunnity.

Ia menambahkan, untuk stok vaksin di Jember masih cukup banyak yakni sekitar 72 ribu sehingga masyarakat bisa segera melakukan vaksinasi. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakWanita dengan 7 Poket, Dibekuk Dalam Rumah Jemur Wonosari Surabaya
Artikulli tjetërPolda Jatim akan Panggil Pelaku Dugaan Penyerangan di Desa Kandangan

Tinggalkan Balasan