BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron melantik 111 kepala desa (Kades) terpilih periode 2021-2027.

Pelantikan dilakukan secara virtual dimasing-masing kecamatan. Selain itu 22 kades dilantik secara langsung di Pendopo Agung, Rabu (28/07).

Bupati Ra Latif menyampaikan, pelantikan kades terpilih diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, dan para kades dilarang membawa keluarga maupun pendukung.

“Sisanya kepala desa lain dilantik secara virtual di masing-masing kecamatan,” ungkap Ra Latif.

Ra Latif berpesan kepada para kepala desa yang dilantik untuk segera konsolidasi dan merangkul semua kelompok yang ada di masyarakat agar bersama-sama membangun desa.

“Saya berharap kepada para kepala desa terpilih untuk segera merangkul dan mengkonsolidasikan agar nantinya kepala desa bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga  Target Vaksin 10 Ribu Dosis di Surabaya dari AKABRI 96

Selain itu, Ra Latif juga meminta agar kepala desa yang dilantik jangan sampai terjerat hukum perihal penyalahgunaan dana desa atau hal lain yang berkaitan dengan pelanggaran undang-undang.

Loading...

Orang nomor satu di Kabupaten Bangkalan itu menambahkan, sebagai kepala desa harus rajin turun ke lapangan untuk memastikan semua program pemerintah tepat sasaran terutama di tengah penanggulangan Covid-19.

Disamping itu kata dia, Kades harus aktif menjalin koordinasi baik di tingkat RT atau kepala dusun sampai ke tokoh masyarakat, tokoh agama, dan stekholder lainnya.

“Karena hal ini juga akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat pada kepala desa. Semakin baik pelayanan maka semakin besar tingkat kepercayaan masyarakat terutama di tengah pandemi covid-19 saat ini. Saya minta kades membantu percepatan penanganan covid,” pesannya.

Baca Juga  Turnamen Pra Porprov, Tim Sepak Takraw Bangkalan Juara 1

Ra Latif juga meminta agar Kades terpilih menyukseskan percepatan vaksinasi hingga menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

“Jangan pernah lelah untuk mensosialisasikan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan 5 M, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dimanapun berada. Yang paling penting saya minta kades ikut menyukseskan vaksinasi,” pungkasnya.

Diketahui, pada 02 Mei 2021 lalu dilaksanakan Pilkades serentak di 117 desa di Kabupaten Bangkalan. Namun, pada prosesi pelantikan tersisa 111 desa, sebab 6 kades terpilih lainnya meninggal dunia. (*)

Reporter: Rusdi

Loading...
Berita sebelumyaPenerima PKH dan BST Terima Tambahan Bantuan Beras 10 Kg
Berita berikutnyaPolres Trenggalek Pecahkan Rekor MURI dan Terima Penghargaan Komnas PA

Tinggalkan Balasan