Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Kepala Dispendukcapil Khusaini saat meluncurkan Trust In Bawean.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meluncurkan sebuah terobosan dalam layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kepulauan Bawean dengan nama ‘Trust In Bawean’, pada Minggu (17/10/2021).

Melalui terobosan baru ini, masyarakat di Sangkapura dan Tambak Bawean akan mendapatkan layanan full servis Adminduk, mulai dari cetak E-KTP, KK, Akte Kelahiran dan Kematian tanpa harus berlayar ke daratan.

Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani mengatakan, kedatangannya bersama instansi terkait di Bawean kali ini, pihaknya ingin fokus pada peningkatan pelayanan dasar salah satunya Adminduk berupa Trust In Bawean.

“Kami benar-benar fokus dalam memberikan layanan di Kepulauan Bawean. Dengan adanya Trust In Bawean ini semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cetak KTP, KK, Akte Kelahiran tanpa harus berlayar,” kata Gus Yani.

Baca Juga  Bea Cukai Gresik Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Ilegal Hingga Obat Kadaluwarsa
Loading...

Dia pun berharap, semua warga bisa memiliki e-KTP dan KK dengan pengurusan tanpa ribet dan gratis tanpa dipungut biaya. Sebab, kartu identitas bisa dipakai untuk vaksin, menerima bantuan langsung tunai dan layanan kesehatan gratis.

“Layanan ini seharusnya bisa direalisikan 5 tahun yang lalu di Bawean. Makanya harus betul-betul dimanfaatkan. Jangan hanya waktu butuh buru-buru ngurus KTP. Dan nanti itu akan ada layanan kesehatan gratis cukup menunjukkan KTP,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Gresik, Khusaini menambahkan, terobosan Trust In Bawean ini bisa diartikan sebagai layanan Cepat Urus Administrasi Kependudukan di Pulau Bawean.

“Jadi layanan induk administrasi termasuk e-KTP bisa dicetak tidak harus menyeberangi lautan. Bahkan untuk mendukung layanan ini Dispendukcapil diberi anggaran Rp 1 miliar,” imbuhnya  (*)

Baca Juga  Wagub AAL Terima Audiensi Komite Putra Putri TNI AL

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Berita sebelumyaIni Pengalaman Menteri Sandiaga Menginap di Pantai Serang Blitar
Berita berikutnyaKlinik KI Akan Diterapkan Secara Nasional

Tinggalkan Balasan