Bupati Jember Fasilitasi Pekerja Migran Pulang Kampung

Pekerja migran asal Jember pada akhir pekan lalu Sabtu (1/5/2021).

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Pemkab Jember berkomitmen akan membantu para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin pulang di tengah pandemi Covid 19 yang belum usai. Sebagai kepala, Bupati Hendy Siswanto terus memantau perkembangan kondisi pekerja migran yang berasal dari Jember

Pemerintah Kabupaten Jember menurut Ji Hendy panggilan akrabnya, telah melakukan beberapa langkah bagi kepulangan mereka, termasuk dengan menyiapkan tim pemulangan bagi 40 PMI yang datang pada Sabtu lalu (1/5/2021).

“Kami sudah lakukan penjemputan di surabaya dan saat ini diantara mereka sudah berada di rumah mereka masing-masing,” terangnya.

Bagi PMI yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, telah disiapkan rumah tangguh yang dikelola desa dengan pola ISOMA (isolasi mandiri) dekat dengan rumah mereka.

Sementara itu Plt. Kadinkes dr. Wiwik mengatakan atas arahan bupati pihak Dinas Kesehatan telah menyiapkan tim khusus covid 19 untuk memantau kesehatan PMI berstatus OTG.

“Mereka yang datang akan dilakukan swab.Tujuannya untuk mengetahui kesehatan mereka,” ujarnya.

Jika hasil tes swab dikonfirmasi negatif, semua langsung diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka tetap dalam pengawalan ketat dari tim Satgas Covid desa dan kecamatan yang saat ini masih berada di Surabaya.

Loading...

Selanjutnya pada hari ke 5 para tenaga kesehatan akan mengambil swab ke 2 kepada mereka untuk mengetahui perkembangan kesehatan mereka.

“Selama isolasi mandiri kita anjurkan untuk tidak keluar rumah sampai dengan hari ke 14 dan mematuhi prokes 5 M,” tambahnya.

Untuk tehnis penjemputan lanjut Wiwik, mereka di jemput yg penjemputannya di jemput oleh masing-masing kecamatan asal PMI yang bersangkutan.

Sementara itu pihak Disnaker Jember melalui plt. Ka disnaker Bambang Edy Santoso saat dikonfirmasi menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak camat masing-masing asal PMI tersebut. “Seluruh camat sudah standby untuk menjemput,” terangnya.

Sedangkan untuk penjemputan para PMI sendiri menurut Siswanto, Plt.Kadishub Jember mengutarakan pihaknya melakukan penjemputan sesuai jadwal dari PPK atau Panitia Dinkes Prop Jatim. Pihak Dishub Jember kemudian mengirimkan armada penjemputan ke Asrama Haji Sukolilo.

“Setelah kita jemput, mereka kita antar ke setiap posko di kecamatan Tanggul, Rambipuji dan Kaliwates dan selanjutnya Satgas Covid di setiap kecamatan akan melakukan pendataan dan cek terkait kesehatan,” pungkasnya.

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaKotak Amal Isi Rp. 160 Ribu, Buat Pria Ini Lebaran di Penjara
Berita berikutnyaDiteriaki Wanita, Dua Jambret ini Jatuh dan Dibekuk

Tinggalkan Balasan