Peresmian layanan Posbankum dan Tilik Desa.

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Program kolaboratif antara Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember dengan Pengadilan Negeri (PN) Jember diluncurkan mendapat apresiasi Bupati Jember. program itu bernama Pos Bantuan Hukum (Posbankum) Online dan Tilik Desa.

Layanan bantuan hukum ini sebelumnya sudah ada di kantor PN Jember. Dengan adanya Posbankum Online ini, diharapkan akan makin banyak warga Jember dari kalangan kurang mampu yang tengah mengalami masalah hukum mendapatkan bantuan hukum.

Peluncuran Posbankum online FH Universitas Jember-PN Jember dilakukan secara daring oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Herry Swantoro dari Surabaya (23/6). Disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Jember, Ketua DPRD Jember, Kepala Kejaksaan Negeri Jember, serta perwakilan Polres dan Kodim Jember, Rektor Unej dan jajarannya di gedung serbaguna FH Universitas Jember.

Bupati Hendy Siswanto, mengatakan dua fasilitas baru ini yang dinilai dapat memantapkan langkah Jember menuju Kabupaten Sadar Hukum.

Baca Juga  Pemkab Jember akan Tertibkan Juru Parkir Liar

Saat memberikan sambutannya, Hendy juga meminta FH Universitas Jember untuk mengerahkan mahasiswanya agar menyosialisasikan keberadaan Posbankum Online dan Tilik Desa, semisal melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

Loading...

”Sebab banyak warga kita yang terjerat kasus hukum karena minimnya pengetahuan dan akses hukum. Misalnya saja kasus hukum di pernikahan dini, tingginya angka perceraian dan sebagainya. Agar target Jember menjadi Kabupaten Sadar Hukum bisa terwujud. Wes Wayahe Wong Jember Oleh Bantuan Hukum,” ungkap Hendy Siswanto.

Pendapat Bupati Jember ini didukung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur dan Rektor Universitas Jember. Menurut Herry Swantoro, adanya dua program itu dapat meningkatkan kualitas layanan serta transparansi PN Jember.

”Bahkan dapat memberantas makelar kasus dan pungli karena syarat dan prosesnya yang dapat diketahui umum,” jelasnya.

Baca Juga  Dirjen HAM Tepis Peduli HAM Beban Pekerjaan Tambahan

Bupati Jember juga berjanji akan memberikan bantuan perangkat keras di tiap kecamatan dan desa untuk mendukung dua program tersebut.

Pada tahap awal proses layanan Tilik Desa masih baru ada di tingkat kecamatan. PN Jember sendiri sudah melaksanakan persidangan perdata online melalui Tilik Desa di Kecamatan Balung, dan yang akan datang di Kecamatan Tanggul.

Sementara Rektor Universitas Jember berpendapat keberadaan Posbankum Online dan Tilik Desa perlu didukung sosialisasi yang masif dan literasi digital agar semua warga mengetahui dan dapat mengakses layanannya.

“Saya mengapresiasi adanya sinergi antara FH Universitas Jember, PN Jember dan Pemkab Jember. Kerjasama ini menunjukkan bahwa unsur eksekutif, yudikatif, serta pendidikan bisa bersatu mewujudkan program yang pro rakyat,” pungkas Iwan Taruna.

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaTren Covid-19 Meningkat, Bupati Jember Larang Warga Bikin Hajatan
Berita berikutnyaPolres Kediri Kota Grebek 1 Juta Vaksinasi dalam 1 Hari

Tinggalkan Balasan