Bupati Banyuwangi: SMA Taruna Budaya Jadi Penggerak dan Kaderisasi Seniman

437
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat mencoba menari tarian khas Banyuwangi. (FOTO: Istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengapresiasi launchingnya ‘Sekolah Taruna Budaya’ SMA Negeri 1 Rogojampi. Nantinya, dari sekolah ini diharapkan muncul kaderisasi budayawan dan seniman baru di Bumi Blambangan.

“Ini akan menjadi energi baru bagi kami sebagai daerah yang terus mengembangkan budaya daerahnya,” kata Ipuk Fiestiandani, pada Rabu (27/10/2021).

Selain itu, lanjut Ipuk, SMA Taruna Budaya ini menjadi motor penggerak baru dalam sektor kreatifitas di Banyuwangi. Pihaknya yakin bahwa budaya Banyuwangi akan terus terjaga bilamana ditata dari tingkat bawah.

“Kami yakin budaya Banyuwangi akan tetap terjaga karena kaderisasi budayawan dan seniman terus berjalan di masyarakat, salah satunya dengan adanya sekolah taruna budaya ini,” tegas Ipuk.

Loading...
Baca Juga  Wisata Edukasi Kalitengah, Ciptakan Interpreneur Lamongan

Baca Juga:Keren! SMAN 1 Rogojampi Jadi Sekolah Taruna Budaya di Indonesia

Sekedar diketahui, sekolah dibawah naungan Dinas Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini satu-satunya sekolah negeri budaya di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rogojampi, Akip Affendi mengatakan, sekolah taruna budaya ini sengaja diciptakan agar para siswa-siswi paham budaya Banyuwangi. Dalam program ini murid dituntut untuk bergerak melestarikan budaya di Bumi Blambangan.

“Misi ini yakni melestarikan budaya-budaya Banyuwangi yang mulai tenggelam. Jadi kita menggali lagi dan diorbaitkan sesuai selera muda,” jelas Akip Affendi saat di Pendopo Sasana Kridha Budaya SMA Negeri 1 Rogojampi (Smanrog).

“Jadi program ini nantinya akan ada pembinaan yang dikembangkan yang berbasis event mulai dari muatan lokal, ekstrakulikuler, sastra dengan konsep, serta kerjasama bersama Dispar, DKB, para seniman Banyuwangi,” tambah Akip. (*)

Baca Juga  Binda Korwil Jember Dampingi Dinas Kesehatan Kejar Capaian Vaksinasi Dosis 2 dan Boster

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakResidivis Spesial Pencurian Rumah Kosong Kembali di Penjara
Artikulli tjetërTak Tahan Dililit Hutang, Napi di Jember Gantung Diri

Tinggalkan Balasan