Budidayakan Binahong, Siswa SDN Hasilkan Olahan Makanan Kaya Nutrisi

37
Andrew Ionesta menunjukkan hasil olahan makanan dan minuman dari daun binahong.

SURABAYA (Kabarjawatimur.com) – Andrew Ionesta, siswa SDN Ketabang I/288 Surabaya yang baru duduk di kelas 3 ini lain dengan teman-teman sebaya yang memiliki kesibukan berbeda dengan anak-anak lainnya. Jika anak-anak kebanyakan memilih bermain game, ia memilih berkecimpung dengan tanaman.

Nones–begitu ia disapa, memilih menghabiskan waktunya dengan ribuan binahong yang telah dibudidayakan di rumahnya di Jalan Setro II, Kelurahan Dukuh Setro, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

“Tiap hari saya harus merawat binahong ini, biar sehat,” ujar Nones mengawali pembicaraan saat didatangi di rumahnya, Selasa (26/4/2022) siang.

Ia terlihat asyik bersama asisten rumah tangga (ART) merawat binahong di halaman rumahnya. Jika dihitung, sudah ada sekitar 5.320 binahong yang ditanam dan sudah disebar di empat kampung binaan.

Baca Juga  DPRD Bojonegoro Tegaskan Raperda PPA Belum Final

Binahong-binahong itu ada yang ditempatkan di sekolah, Rusun Tanah Merah, di Jalan Kranggan, kawasan Driyorejo, Gresik yang kebetulan dikolaborasikan dengan Kampung Ahong Tanah Merah.

“Tanaman ini banyak kasiatnya. Binahong ini mengandung banyak nutrisi,” sahutnya.

Loading...

Beberapa akhir pekan ini, Andrew terlihat aktif menyosialisasikan budidaya binahong dengan berkeliling dari mal-mal di Surabaya, Gresik dan juga terjun langsung ke kampung-kampung di Surabaya.

Maklum, ia tercatat sebagai salah seorang calon Pangeran Lingkungan Hidup tahun 2022 dengan nomor peserta 69 mewakili sekolah. Acara yang digagas Tunas Hijau dan Pemkot Surabaya ini merupakan ajang bergengsi tahunan yang selalu diikuti anak muda berbakat dari berbagai tingkat sekolah di Surabaya.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Segera Bangun Jembatan Penghubung Temayang-Sugihwaras

“Saya minta teman-teman sama-sama mengikuti kegiatan penuh inspirasi dengan follow IG @andrew. ionesta dan kanal youtube Andrew lonesta, terimakasih,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, aneka produk yang telah dihasilkan dari budidaya tanaman binahong oleh Andrew antara lain KrisHong (Krispi Binahong), Teh Mehong (Teh Melati Binahong), Puding Binahong, Es Cendol Binahong.

Binahong atau piahong (anredera cordifolia) sudah sangat terkenal memiliki khasiat baik untuk kesehatan, terutama untuk proses regenerasi pasca operasi. Khasiat daun binahong sendiri meliputi glucan C, karoten, asam organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D–galaktosa, asam aldonat, dan vitamin A, B, dan C. (*)

Reporter: Brili
Editor: Gita Tamarin

Loading...
Artikulli paraprakProgram Beasiswa Anak, Lamongan Buka Akses Masa Depan Anak Lebih Terbina
Artikulli tjetërArteria Dahlan Apresiasi Capaian Kemenkumham Jatim

Tinggalkan Balasan