Budidaya Jahe Merah, Prospektif Peluang Usaha Menjanjikan

93

BOJONEGORO (Kabarjawatimur.com)-Budidaya jahe merah, belakangan ini kian marak dan digandrungi masyarakat. Tidak ketinggalan, Purnomo warga desa di Desa Balun juga ikut menekuni usaha menanam jahe merah dengan menyewa lahan di Desa Cendono Kecamatan Padangan.

Sudah sekitar 2 bulan terakhir ini Purnomo menggeluti budidaya jahe merah,dengan menyewa lahan seluas kurang lebih 1 Ha.

Pihaknya memesan bibit jahe merah sebanyak 1000 tunas perminggunya di lokasi pembibitan yang ada di daerah Trucuk, Bojonegoro dan rencana akan menanam sebanyak 15.000 jahe merah.

“Awalnya dari hobi. Sekarang bisa dikembangkan jadi usaha,” ungkap Purnomo, Minggu (11/12/2016).

Dia menuturkan, budidaya jahe merah ini termasuk gampang-gampang susah. Modal utama yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan.

Baca Juga  How to Get a Pay For Essay

Meski demikian, Purnomo yang juga seorang kontraktor ini yakin hobi yang kini ditekuninya jadi usaha itu cukup prospektif. Mengingat kebutuhan pasar akan jahe merah yang masih tinggi.

Loading...

Perusahaan-perusahaan jamu herbal selama ini juga banyak yang menggunakan jahe merah. Permintaan jahe merah tidak hanya datang dari sektor perdagangan tapi juga industri lokal maupun mancanegara.

Rimpang ini tidak sekedar menjadi pendukung di industri obat-obatan tapi juga bahan baku utama.

“Saya optimis permintaan masih tetap tinggi hingga beberapa tahun ke depan,” ujarnya.

Seperti diketahui, jaje merah baru bisa dipanen jika sudah berumur minimal 9-11 bulan. Dalam budidaya rimpang jahe ini, Purnomo hanya menggunakan pupuk kandang dan pupuk organik lainnya.

Baca Juga  KPK Beri Penghargaan kepada Bupati Hendy Siswanto

Dan untuk pembelian bibit jahe merah siap tanam, pihaknha membeli di tempat pembibitan di desa Trucuk Rt.12 Rw.02 Trucuk, Bojonegorobo dengan harga Rp. 1500,- pertunasnya.

Untuk pembelian bibit jahe merah bisa menghubungi Mas Agus di nomer 082244951378.

Reporter: Agus Kuprit, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakCegah Kejahatan, Polsek Kepohbaru Patroli Sambang Minimarket
Artikulli tjetërPolsek Kedungadem Amankan Miras Jenis Toak

Tinggalkan Balasan