BLT DD Lamongan Kembali Disalurkan Kepada Warga Desa Jubellor

182

Lamongan, (kabarjawatimur.com) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk masyarakat Desa Jubellor , Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, hari ini Jum’at (24/06/2022) kembali disalurkan, guna merealisasikan yang telah di agendakan.

Kegiatan penyaluran dana BLT DD yang dilaksanakan di Balai Desa Jubellor tersebut dihadiri Kepala Desa Jubellor beserta perangkatnya dan sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Jubellor.

Kepala Desa Jubellor H Marlan menjelaskan, bahwa BLT DD yang dibagikan adalah bersumber dari dana desa, yang Tahun 2022 diperuntukan minimal 40 persen dari pagu anggaran Desa.

“Aturan Kemendes dana desa dibagi tiga, beberapa off untuk Tahun ini karena pandemi,” ungkapnya.

Secara undang-undang yang berlaku Tahun 2022, lanjut Marlan, dana desa terbagi beberapa bagian, diantaranya adalah untuk BLT DD, ketahanan pangan dan penanggulangan covid serta pemberdayaan.

Baca Juga  Peringkat Naik, Jember Menjadi Kabupaten Layak Anak Peringkat Nindya 2022

“Untuk Tahun depan kemungkinan besar tidak ada BLT DD, kembali untuk pembangunan fisik” jelasnya.

Diungkapnya, bahwa Blt dd di jubellor dengan pagu anggaran Rp 800 juta lebih, jadi kalau 40% dari anggaran terdapat Rp 345.600.000 dibagi per KPM, sebulan Rp 300.000 setiap penerima jadi total mendapatkan 96 KPM.

Loading...

“jadi total setiap bulan mengeluarkan Rp 28.800.000 kali 12 bulan nanti setahun”. terangnya.

Untuk keriteria penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang belum pernah menerima dana bantuan dari pemerintah, seperti bst, bpnt, pkh dan bantuan lain-lain yang datanya dari Dinas Sosial.

“Jadi intinya penerima BLT DD itu di luar penerima bantuan bpnt, bst, pkh dan lain-lain bantuan yang dari pemerintah.” tuturnya.

Dimasa pandemi dana bantuan memang sangat membantu, akantetapi setelah pandemi sudah tidak ada nantinya akan dialihkan ke pemberdayaan atau fisik.

Baca Juga  Geliat Kampoeng Thengul, Lestarikan Seni Khas Bojonegoro

“Efek dari bantuan bltdd itu kurang bagus pada masyarakat dan selalu menimbulkan pro dan kontra, karena status orang kurang mampu itu sangat susah diprediksi,” imbuhnya.

Salah satu penerima bantuan ibu Sundari mengatakan sangat senang dengan pemberian bantuan ini, sebab selama ada bantuan dari pemerintah dirinya belum pernah dapat jatah bantuan seperti ini.

Ibu Siti warga penerima bantuan yang sama mengungkapkan rasa senangnya terkait bantuan yang di berikan.

Acara penyaluran BLT DD berlangsung relatif cepat dan berjalan tertib, lancar disertai keceriaan pada wajah-wajah penerima bantuan. (*).

Reporter: Aziz.

Foto: Kegiatan penyaluran bantuan BLT DD diserahkan oleh Kades Jubellor di Balai Desa Jubellor.

Loading...
Artikulli paraprakDibekuk Pakai Topeng Spider, Bapak ini Cabuli Anak Belasan Tahun
Artikulli tjetërHabib Syech Hadir Dalam Acara Bojonegoro Bersholawat

Tinggalkan Balasan