Blanko Sempat Kosong, Masyarakat Jember Bisa Buat E-KTP Lagi

206

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Masyarakat sempat mengeluh adanya terkait pencetakan KTP el (Kartu Tanda Penduduk elektronik) di Kabupaten Jember. Pasalnya, pengurusan KTP el tersebut dirasa lambat.

Padahal KTP el itu dibutuhkan untuk mengurus persyaratan-persyaratan ataupun administrasi misalnya perbankan, melamar pekerjaan, perjalanan dan lainnya.

“KTP saya hilang dan sudah mengajukan permintaan pembuatan KTP baru di kecamatan, tetapi sampai sekarang gak jadi-jadi,” ujar Nur’aini, warga kecamatan Puger.

“Alasan pihak pelayanan kecamatan, saat ini belum ada blangko jadi tidak bisa cetak. Padahal saya sangat membutuhkan secepatnya untuk ngurusi pensiunan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang pemuda bernama Samsul Arifin (18), warga Kecamatan Gumukmas yang mengaku melakukan pengurusan KTP di Kecamatan pada (30/11/2021) lalu.

“Saya baru pertama kali membuat KTP, sudah foto dan dijanjikan bulan Oktober, nyatanya sampai hari ini belum selesai, saya butuh untuk melamar pekerjaan pak,” katanya.

Baca Juga  Iseng Rekam Wanita Mandi, Pria di Surabaya Ditangkap Polisi

Pihak Kasi Pelayanan Kecamatan Gumukmas, Nuril Huda saat dikonfirmasi di awak media di ruang kerjanya menyatakan, sudah sekitar dua bulan tidak ada KTP tercetak dari Dispendukcapil.

“Silahkan bertanya langsung ke Dispenduk apa penyebabnya, saya takut salah memberi informasi,” kata Nuril.

Loading...

Hasil pengamatan di beberapa kecamatan, banyak keluhan masyarakat terkait lambatnya proses pembuatan KTP.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Isnaini Dwi Susanti atau Santi saat di konfirmasi melalui telp membenarkan adanya keterlambatan pengurusan KTP.

Penyebab keterlambatan tersebut menurut Santi karena ada kekosongan blanko. Pihak Dispenduk Capil belum mendapatkan kiriman dari Kemendagri di Jakarta.

Namun demikian masyarakat sudah bisa melakukan pengurusan KTP dalam waktu dekat.

Baca Juga  Kartini Street Food, Favorit Warga Bojonegoro

“Alhamdulillah, Dispenduk seluruh Indonesia sudah bisa cetak KTP el warga lagi. Bukan hanya untuk yang emergency saja,” katanya Kamis (2/12/2021).

“Minggu terakhir bulan November 2021 tepatnya hari Sabtu 27 Nop 2021 Kabupaten Jember dikirimi blanko KTP el. Membuat lega hati semua pelayan masyarakat di Dispenduk,” tambahnya.

Santi kemudian berpesan agar masyarakat lebih berhati-hati menjaga KTP el yang telah dimilikinya agar tidak hilang.

“Mudah-mudahan kedepan tidak banyak lagi madyarakat yg KTP el nya hilang. Karena kehilangan yang banyak inilah yg membuat stok Blanko KTP el terganggu. Semoga masyarakat menyimpan. KTP el nya seperti barang berharga yang lain,” pesannya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakKades Jubung Jember Bhisma Perdana Resmikan Jembatan
Artikulli tjetërKTP el di Jember Bisa Diproses Melalui Whatsapp dan Aplikasi Lahbako 

Tinggalkan Balasan