BI Perwakilan Jatim Dorong Kwalitas Kopi Wonosalam Jombang

Difi Ahmad Johansya selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur,
Difi Ahmad Johansya selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur,

JOMBANG ((kabarjawatimur.com) – Tingkatkan hasil pertanian kopi di Wonosalam Kabupaten Jombang, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur berikan keterangan kepada para awak media dalam jumpa pers media gathering di Kampung, pada Jumat (27/11/2020) malam.

Selama jumpa pers Bank Indonesia perwakilan Jawa Timur, mendorong peningkatan para petani di kawasan Jombang khususnya Desa Wonosalam, guna terciptanya kualitas citarasa Kopi standar Internasional. Menginggat Jawa Timur mempunyai potensi besar dalam menghasilkan kopi berkualitas.

Difi Ahmad Johansya selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, memberikan keterangan, “Potensi desa Wonosalam, Jombang untuk perkebunan kopi sangat bagus, mulai dari lahan yang cukup luas dan situasi alam yang mendukung, selain itu untuk para petani cukup matang dan pengalaman untuk penanaman hasil kopi berkwalitas”, ujarnya.

Loading...

Penjelasan tentang kwalitas kopi Wonosalam, Jombang juga diutarakan oleh Ardha Fanani Aslam S.T sebagai Pembina Kedai Kopi Barista Kediri. Ardha Fahani Asian merupakan pengusaha kopi yang sudah bergelut dibidangnya selama 4 tahun sejak 2016, memberikan edukasi tentang beberapa macam kopi.

Beberapa kopi yang ada di Wonosalam, Jombang bisa ditemui antara lain kopi Arabika, Robusta dan Liberica. Juga jenis Excelsa adalah turunan Liberica dengan varietas dwevrei.
“Benefitnya semua partner metodenya bisa tepat sasaran dan tujuannya tercapai. Apapun jenis kopinya jika pengolahannya tepat sasaran dan sesuai SOP, ” jelasnya.

Difi Ahmad Johansya juga memberikan keterangan Ada 4 Kopi binaan Bank Indonesia Jawa Timur, diantaranya Malang kopi dampit arjuno pasuruan, Jember terkenal Kopi Ijen, Situbondo, dan Banyuwangi. Kediri terkenl dengan Kopi Sendang wilis dan Surabaya terkenal dengan Kopi Wonosalam.

Reporter. : Rusmiyanto

Loading...

Tinggalkan Balasan