BI Jatim Pacu Peredaran Uang di Madura

36

SURABAYA (kabarjawatimur.com) Bank Indonesia cabang Jawa Timur berkomitmen untuk melengkapi kas titipan guna memenuhi kebutuhan uang Wilayah Madura dan sekitarnya. Selaku otoritas sistem pembayaran, Bank Indonesia terus berupaya memastikan peredaran uang rupiah layak edar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia baik dari segi nominal maupun jenis pecahan secara tepat waktu dan tepat jumlah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Budi Widihartanto meresmikan kas titipan untuk wilayah Madura dan sekitarnya yang dilakukan di BNI Kantor Cabang (KC) Pamekasan. Peresmian kas titipan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Pamekasan, Forpimda Pamekasan, Kepala Kantor Wilayah BNI Surabaya, dan perbankan di wilayah Madura.

Kas titipan merupakankegiatanpenyediaan uang sebagai titipan pada salah satu bank untukmencukupi persediaan kas bank-bank dalam rangka memenuhi kebutuhan uang masyarakat. Merupakan bentuk kerjasama Bank Indonesia dengan berbagai pihak khususnya perbankan untuk meningkatkan ketersediaan uang kartal di Madura termasuk pulau-pulau terpencil di wilayah sekitarnya.

Loading...
Baca Juga  Bakul Bakwan Punya Kerja Sampingan, Membuatnya Ditangkap Polisi

Batas maksimal jumlah uang/plafon dalam kas titipan ditetapkan sebesar Rp200 Milyar untuk memenuhi kebutuhan uang di Perbankan. Bank Indonesia Jawa Timur terus melakukan sejumlah upaya untuk menjamin ketersediaan uang rupiah layak edar di Masyarakat melalui kegiatan kas keliling dan kas kapal.

Sebagai informasi, frekuensi kegiatan kas keliling di Pulau Madura dilakukansebanyak 1 (satu) kali dalam sebulan dengan modal kerja sebesar Rp.500 juta sampai dengan Rp1 milyar, sedangkan untuk Kas Kapal Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI-AL dengan sasaran pulau-pulau terpencil yang dijadwalkan akan dikunjungi 3 (tiga) kali dalam setahun dengan modal kerjasebesar Rp.4 milyar sampai dengan Rp.6 milyar untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat.

Baca Juga  Biasa Beraksi di Merr juga Kenjeran Surabaya, Dua Begal Dibekuk

Budi Widahartanto memberikan keterangan, “Dari pihak kami Bank Indonesia mewakili Jawa Timur mengharapkan dengan pembukaan kas titipan di wilayah Madura dapat memenuhi kebutuhan uang serta terlaksananya Clean Money Policy sekaligus memperluas akses layanan kas dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakatakan ketersediaan Uang Layak Edar (ULE) di seluruh wilayah Jawa Timur,” tutup Budi.

Reporter: Rusdi, Editor : Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakMantan Sopir Curi Mobil Majikan
Artikulli tjetërEkspor Jatim di Bulan Agustus Naik 49,50 Persen

Tinggalkan Balasan