BI Jatim Distribusikan 340 Dus Mata Uang Rupiah NKRI Desain Baru  

37

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Ada sebelas mata uang rupiah NKRI dengan tampilan denominasi baru resmi beredar di seluruh kalangan masyarakat, mulai 19 Desember 2016. Peresmian pengeluaran dan pengedaran uang rupiah NKRI ini dilakukan serentak Jakarta, Surabaya dan di seluruh 45 kantor BI di 33 provinsi Indonesia.

“Di Jawa Timur telah disiapkan 340 dus berisi pecahan mata uang rupiah NKRI desain baru resmi boleh beredar. Satu dus berisi 40 broud dan satu broud terbendel uang pecahan rupiah sebanyak 100 lembar sesuai kategori masing-masing nominal,” jelas Kepala Divisi Sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah Bank Indonesia, Surabaya, Hestu Wibowo, disela peluncuran peresmian uang redenominasi NKRI bertepatan hari bela negara di gedung BI, Jawatimur, ballroom Singosari, (19/12/2016).

Baca Juga  Dua Pemabuk Medokan Semampir Aniaya Tetangga

Secara rinci, Hestu menambahkan dari proses mata uang rupiah NKRI yang sudah melewati proses redenominasi yakni ada 7 uang kertas dan 4 pecahan uang logam. Dimulai Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000 TE 2016.

Loading...

Dengan detil gambar bertepatan hari bela negara hari ini, BI sengaja menampilkan 12 sosok pahlawan Indonesia dipadu gambar pemandangan alam pesona wisata pulau di Indonesia.

“Pengeluaran uang rupiah kertas dan logam Tahun emisi (TE) 2016 ini adalah amanah Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang (UU Mata Uang) rupiah sebagai alat tukar pembayaran satu-satunya yang sah dan berlaku boleh beredar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sabang sampai Merauke,” tegasnya.

Baca Juga  Bupati Jember Minta Semua OPD Bergerak Demi Wujudkan KLA

Tujuannya, lanjut Hestu pemerintah ingin merangkul semua elemen dalam negeri yang sudah turut berjasa meperjuangkan kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, utuh dan bersatu ber-bhineka tunggal ika dan berpancasila.

Dan sebagai tindak lanjut guna menghargai semangat dan jasa pahlawan nasional. Pemerintah menyatakan lewat Keppres (Keputusan Presiden) No.31. Tahun 2016 tanggal 05 Setember menetapkan gambar Pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan uang rupiah NKRI kertas maupun logam.

Reporter: Jefri Yulianto, Editor: Budi, Publisher : Gunawan

 

Loading...
Artikulli paraprakHakim Minta Terdakwa Pengerusakan Kamera Wartawan Ditahan
Artikulli tjetërPRT Tewas Mendadak

Tinggalkan Balasan