BI Dorong UMKM Online On Boarding Lebih Ditingkatkan

11
Caption : FESyar hari ke-2 UMKM online
FESyar hari ke-2 UMKM online

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Hari ke-2 Fesyar Regional Jawa 2020, Bank Indonesia berkomitmen mendukung akselerasi ekonomi syariah salah satunya melalui pemberdayaan UMKM.

Langkah kongkrit Bank Indonesia dalam hal Kelas business coaching UMKM hari ke-2 dengan topik “Teknik Foto Produk Unggulan UMKM” dan “Kiat Berbisnis Online di Marketplace”.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Kediri, Sofwan Kurnia, menyampaikan bahwa pemasaran masih menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM.
Pemasaran produk secara online merupakan tolak ukur kesuksesan, sehingga foto produk menjadi elemen penting dalam menarik konsumen untuk membeli suatu produk serta menunjang pemasaran.

Salah satu fotografer yaitu Darwis Triadi selaku Founder Darwis Triadi School of Photography memberikan keterangan tentang pentingnya arti foto dalam pemasaran produk melalui online. Semua kegiatan pasti ada hubungannya dengan foto dan tidak luput juga untuk produk UMKM.
“Foto produk mencerminkan apa yang kita jual. mengenai foto bagaimana kita melakukan capture visual agar foto menjual,” ujarnya.

Baca Juga  Kakanimsus Surabaya Mengucapkan Selamat Hari Dharma Karyadhika 2020
Loading...

Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Darjana, juga menyampaikan, UMKM Indonesia mempunyai tantangan baru di masa pandemi, perubahan perilaku menjadi stay at home lifestyle serta menyebabkan kenaikan dan penurunan pada sektor ekonomi tertentu.
Perkembangan teknologi informasi membawa dampak yang besar terhadap perubahan perilaku konsumen dalam melakukan transaksi.

“Perubahan itu tercermin dari mulai beralih belanja yang di lakukan di pasar fisik ke pasar non-fisik (marketplace). Peluang digitalisasi dari sector hulu ke hilir perlu dimanfaatkan dengan maksimal oleh pelaku UMKM di Indonesia,” ucap Darjana.

Dari peluang bisnis online berpotensi cukup besar dimana populasi penduduk Indonesia yang lebih dari 270 juta jiwa, 94% lebih dari populasi ini menggunakan internet dan smartphone hingga mencapai 8 jam per hari. Berdasarkan survei yang dilakukan Shopee Indonesia, aplikasi belanja merupakan aplikasi yang mengalami kenaikan penggunaan hingga 300% per Maret 2020 saat pandemi Covid-19 terjadi.

Baca Juga  Tidak Hanya Banyuwangi, di Madura Juga ada 'Kembang Endhog' saat Maulid Nabi

Reporter. : Rusmiyanto

Loading...

Tinggalkan Balasan