Berpenghasilan Miliaran, Pemdes Sekapuk Gresik Deklarasikan Sebagai Desa Miliarder

10040
Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim beserta istri saat memimpin deklarasi Desa Mandiri di Wisata Setigi.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Merasa berpenghasilan miliaran dari sisi Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, akhirnya mendeklarasikan sebagai ‘Desa Miliarder’, pada Rabu (2/9/2020). Bahkan predikat itu diklaim baru pertama kali di Indonesia.

Klaim tersebut bukan sekedar pepesan kosong, melainkan sudah dibuktikan dengan capaian di berbagai hal. Seperti halnya, pendapatan bersih BUMDes yang mencapai Rp 4 miliar lebih, lalu pembelian 4 unit mobil operasional tanpa menggunakan uang negara.

“Kenapa kita sebut Sekapuk ini Desa Miliarder?. Karena perputaran uang di unit usaha desa menembus angka miliaran. Seperti net profit BUMDes Rp 4 miliar pertahun. Sehingga bisa menyumbang PADes Rp 1,5 miliar,” ujar Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim, Rabu (2/9/2020).

Loading...

Tak hanya sisi pendapatan, lanjut Halim, pihaknya juga telah berhasil mengentaskan angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru. Yakni usaha di sektor tambang kapur dan wisata setigi yang menyerap 591 tenaga kerja.

Baca Juga  Pesta Miras Dalam Pernikahan Tiga Tewas, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

“Belum lagi kepemilikan 400 obligasi saham yang dipegang oleh masyarakat desa Sekapuk. Lalu usaha kuliner yang dikelola PKK Sekapuk yang menargetkan Rp 1,9 miliar. Dan pengolahan sampah yang juga ikut penyumbang PADes,” paparnya.

Ditegaskan, pencapaian Desa Miliarder juga dibuktikan dengan pembelian 4 unit mobil operasional tanpa menggunakan Dana Desa. Diantaranya mobil Alpard untuk Pemdes, Expander untuk BUMDes, Grand Livina untuk PKK, dan Mazda Doble Cabin untuk wisata.

“Ditambah pembelian 63 unit sepeda motor listrik yang diperuntukkan bagi pengurus BPD, RT dan RW. Sebenarnya ada satu lagi mobil ambulan covid, tapi itu menggunakan dana desa. Alhamdulillah ini semua tercapai atas kerja keras dan kebersamaan seluruh warga,” pungkasnya.

Baca Juga  Cabuli Pelajar 17 Tahun Dengan Modus Ajak Main Game, Pelaku Gagahi 3 Kali

Dia menambahkan, deklarasi Desa Miliarder ini bukan bertujuan untuk kesombongan, melainkan untuk memberi motivasi agar bangkit di tengah pandemi. Karena tidak ada sesuatu yang mustahil bila dijalankan dengan semangat kebersamaan, maka insyaallah akan diridhoi oleh Allah SWT.

“Kami berharap kepada semua pihak yang turut serta dalam pencapaian ini, agar tidak berhenti berinovasi. Terus tingkatkan hingga menjadikan desa ini semakin makmur dan sejahtera,” imbuhnya.

Diketahui, deklarasi Desa Miliarder ini diawali dengan ritual pecah kendil. Kemudian dilanjutkan dengan pawai dari Balai Desa Sekapuk hingga finish Wisata Setigi. Deklarasi ini diikuti oleh Kedes beserta perangkat desanya, pengurus BPD, BUMDes, PKK, dan RT/RW. (*)

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Artikulli paraprakAdiba Gadis Usia 14 Tahun Asal Surabaya Masuk Industri Musik Nasional Digandeng Chossypratama
Artikulli tjetërRekom 6 Parpol Tuntas, Pasangan Niat Siap Lawan Petahana di Pilbup Gresik

Tinggalkan Balasan