Beredar Dugaan Pungli Galian C oleh DPRD Banyuwangi, Begini Kata FORBI

53
Ketua Umum Forum Rakyat Berdaulat Indonesia (FORBI), Agus Tarmidzi (istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Beberapa hari ini beredar kabar melalui media yang menduga bahwa DPRD Banyuwangi melalui Komisi IV melakukan pungli pada pertambangan galian C. Sontak, kejadian ini mendapat reaksi keras dari Forum Rakyat Berdaulat Indonesia (FORBI).

Ketua Umum FORBI, Agus Tarmidzi, mengatakan bahwa Non-Governmental Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus bisa membuktikan apa yang menjadi dugaannya.

“NGO atau LSM yang berkomentar di media tersebut tentang dugaan terjadinya pungli di galian C harus dapat membuktikan itu,” tegas Agus Tarmidzi kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Menurut Gustar, sapaan akrab Agus Tarmidzi ini menegaskan, jangan dengan hanya karena menganut asas praduga tak bersalah langsung berkomentar di media namun tanpa ada bukti yang dimiliki.

Baca Juga  Kabupaten Bojonegoro Ikuti Event Jatim Kominfo Festival

“Sehingga dapat memunculkan opini yang negatif terhadap lembaga negara tersebut,” ungkap Tarmidzi.

Loading...

Mantan Ketua Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab) ini juga menjelaskan, adanya kabar ini, DPRD harus mengambil sikap dan langkah tegas, serta mengambil langkah hukum.

“Jika memang Komisi IV tidak merasa melakukan pungli seperti yang didugakan oleh LSM tersebut, maka seharusnya Lembaga negara ini harus mengambil sikap tegas. Bahkan mengambil langkah hukum, karena jika ini tidak diimbangi dengan data dan fakta yang sebenarnya, maka bisa mengarah pada pembunuhan karakter bahkan ke pencemaran nama baik lembaga negara,” jelas Gustar.

Gustar, juga menegaskan bahwa mendukung DPRD Kabupaten Banyuwangi untuk mengambil langkah tegas.

Baca Juga  Pasca Korban Tewas Tenggak Miras, Polsek Jajaran Gelar Razia Oplosan

“Kami (FORBI) akan mengawal sampai tuntas dalam hal ini, baik itu pembuktian dugaan pungli ataupun dugaan yang mengarah pencemaran nama baik lembaga negara.” tegasnya.

Diketahui sempat ramai kabar melalui beberapa media diduga terjadi pungli, pasca sidak komisi IV DPRD Banyuwangi yang tanpa tindak lanjut. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakNgeri! Wanita Cantik Pelaku Penipuan, Korban Merugi Puluhan Miliar
Artikulli tjetërAhmad Faisol, Serdik Sispemmen Polri Angkatan 61 Berbagi Dibulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan