Pelaku dan barang buktinya.

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com)- Setelah ada informasi beredar dokumen palsu berupa buku nikah, polisi membekuk pria pelaku pemalsuan dokumen negara. Dia disergap anggota Polsek Wobocolo di Jalan Raya Siwalankerto Surabaya.

Pelakunya, Umar Hadi (66) asal Jalan Rungkut Kidul gang 6 Rungkut Kidul Surabaya.

Umar ini diamankan Reskrim, Kamis, 30 September 2021, sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu, Unit Reskrim Polsek Wonocolo mendapatkan info akan ada kiriman buku nikah mirip aslinya yang diduga palsu.

Setelah diamankan dan interogasi ternyata pelaku hendak menyerahkan buku nikah itu kepada seseorang, dan setelah di minta keterangan ternyata buku nikah pelaku sendiri yang buat.

Adanya pembuat dokumen palsu, selanjutnya anggota Reskrim bergerak guna mengembangkan kasus tersebut apakah benar adanya.

Baca Juga  Bantu Bencana Kota Batu, Walikota Eri Kirim 60 Personel Beserta 3 Alat dan 50 Dump Truck

“Anggota bergerak menuju tempat kos pelaku didaerah Bungurasih, dan di tempat kos pelaku ditemukan beberapa ijasah, buku nikah, dan stempel berbagai jenis,” jelas Kapolsek Wonocolo, Kompol Roycke HF. Betaubun, Selasa (19/10/2021).

Loading...

Setelah pelaku diamankan berikut barang bukti dokumen palsu, dia langsung digelandang ke Mapolsek Wonocolo Surabaya guna penyidikan lanjutan.

“Dia (Umar), rupanya sudah pernah mendekam dalam penjara dan merupakan residivis dalam kasus serupa,” tambah Kompol Roycke.

Dalam penyidikan, pelaku memberikan keterangan, dalam setiap pesanan buku nikah dijual seharga 1 juta. Ijasah S1 seharga 2,5 juta. Semua pesanan selalu dikerjakan sendiri oleh pelaku.

Saat ini, pelaku residivis dalam kasus yang sama pada tahun 2008 itu sudah dijebloskan kedalam penjara. Polisi akan menjeratnya dengan Pasal 263 ayat 1 Jo pasal 266 ayat 1 KUHP.

Baca Juga  Polisi Gelar Pasukan, Antisipasi Bencana dan Pengamanan Nataru

Barang bukti yang diamankan berupa, buku nikah, Ijasah S1, Stempel berbagai macam yang di buat pelaku seperti, KUA, Nama kepala KUA, kelurahan, dan Sekolah SMA.(*)

Reporter: Eko

 

Loading...
Berita sebelumyaDua Pria Jaringan Sokobanah Dibekuk, 6 Kilo Sabu Malaysia Diamankan
Berita berikutnyaCamat Pesanggaran Banyuwangi Dilaporkan Polisi Soal Dugaan Korupsi Anggaran Covid-19

Tinggalkan Balasan