Bayi Perempuan Ditelantarkan di Teras Rumah Warga Jember

33
Bayi yang ditemukan di teras rumah warga saat dalam perawatan medis.

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – berjenis kelamin perempuan usia sekitar 2-3 hari ditelantarkan begitu saja oleh orang tuanya di teras rumah salah seorang warga di Dusun Krebet, Desa Gumukmas, Jember, Jawa Timur, pada Senin (3/2/2020)

Pemilik rumah Farida, mengaku mengetahui adanya bayi malang itu sekitar pukul 5 pagi. Dirinya saat itu bermaksud untuk keluar rumah menyapu teras.

“Saat saya temukan, bayi itu kondisinya tidur pulas dan dengan dibungkus selimut juga berpakaian,” kata Farida saat dikonfirmasi wartawan di Puskesmas Gumukmas.

Mengetahui penemuan bayi itu, Farida lantas memberitahu warga lainnya, dan melapor ke perangkat desa. Kemudian membawanya ke Puskesmas Gumukmas.

“Kami berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas sosial setempat untuk penanganannya. Sebelum itu kita bawa ke puskesmas setempat,” kata Kepala Desa Gumukmas Bambang saat dikonfirmasi.

Baca Juga  SIG Luncurkan Produk Baru Semen Dynamix Masonry
Loading...

Selanjutnya dibawa ke puskesmas setempat, dan bayi yang kulitnya masih merah itu mendapat penanganan medis.

Kepala Puskesmas Gumukmas dr. Halimah Arvi S menyampaikan, bayi tersebut berusia kurang lebih 2-3 hari.

“Karena tali pusarnya masih basah,” katanya.

Namun meskipun berpakaian, karena umurnya masih beberapa hari. Bayi malang itu kondisinya kedinginan. Sehingga sesampainya di Puskesmas diletakkan dalam inkubator.

“Untuk menghangatkan suhu tubuhnya,” katanya.

Selain itu, kata dokter Halimah, bayi mungil berukuran 47 cm dan berat 2,5 Kg ini diketahui juga mengalami dehidrasi.

“Nantinya bayi ini akan diasuh negara, sebelumnya dikondisikan agar membaik kondisinya. Setelah itu mungkin dibawa ke Dinas Sosial di Sidoarjo, yang menangani bayi seperti ini,” katanya. (*)

Baca Juga  Blusukan ke Cluring, Ipuk Sampaikan Program Tabungan Pelajar dan Peningkatan Insentif GTT

Reporter: Rio Christiawan

Loading...

Tinggalkan Balasan